You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PBB Setu Babakan Akan Dilengkapi Tempat Penginapan
Perkampungan Budaya Betawi (PBB-) Setu Babakan, Jagakarsa, menjadi fokus utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pembangunan zona-zona pun saat ini terus dikerjakan untuk lebih memberikan kenyamanan kepada pengunjung..
photo doc - Beritajakarta.id

Setu Babakan Akan Dilengkapi Penginapan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus membenahi dan menambah fasilitas di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan untuk meningkatkan minat wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke obyek wisata tersebut. Pembangunan zona-zona pun saat ini terus dikerjakan untuk lebih memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Zona A untuk museum, gedung serbaguna, galeri, perpustakaan sedang dikerjakan. Nanti juga akan ada youth hostel dengan kapasitas 30-40 orang

Selain akan menampilkan pertunjukan teater dan menghadirkan pusat kuliner, pengelola juga berencana menyediakan penginapan untuk pengunjung. Ini sebagai fasilitas pendukung bagi pengunjung yang ingin secara intensif mengetahui tentang budaya Betawi.

"Zona A untuk museum, gedung serbaguna, galeri, perpustakaan sedang dikerjakan. Nanti juga akan ada youth hostel dengan kapasitas 30-40 orang," ujar Indra Sutisna, Pengelola PBB Setu Babakan, Rabu (17/12).

Pagelaran Jak Jazz di Setu Babakan Meriah

Bukan hanya di zona A saja, lanjut Indra, penginapan untuk wisata keluarga pun akan dibuat di zona C. Bungalow dengan setting atmosfir Betawi tempo dulu bisa membuat situasi nyaman liburan keluarga.

"Zona C akan dibuat replika Kota Betawi. Di sana akan ada blok maskot-maskot Betawi, dan 1 blok kita buat homestay lebih untuk keluarga dengan nuansa tempo dulu," ucapnya.

Namun begitu, imbuh Indra, untuk mewujudkan hal itu pihaknya masih menemui sejumlah kendala, terutama pembebasan lahan. Pada zona A, ada sekitar 1.500 meter persegi lahan yang masih dalam proses pembebasan. "Ada 1.500-2.000 meter persegi lahan yang belum dibebaskan untuk kantor dan ruang operasional," katanya.

Kasubag Program dan Anggaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asep Abdul Hamid, mengatakan, PBB Setu Babakan akan menjadi salah satu ikon Budaya Betawi. Terlebih, setelah gagalnya konservasi Budaya Betawi di kawasan Condet, Jakarta Timur.

"Awalnya mau di Condet, tapi karena pembangunan lain dipindahkan ke sini setelah pada tahun sembilan puluhan ada Festival Setu Babakan. Untuk Zona C belum ada pembangunan, hanya Zona A yang rencananya diselesaikan tahun depan," ujarnya, saat menghadiri Festival Setu Babakan beberapa waktu lalu.

Setu Babakan akan dijadikan cagar budaya Betawi oleh Pemprov DKI Jakarta. Ketika Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dikucurkan anggaran sebesar Rp 26 miliar untuk revitalisasi dan pembangunan zona-zona di kawasan tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1026 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye951 personAldi Geri Lumban Tobing