You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bus Tingkat Sepi Peminat
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Bus Tingkat Sepi Peminat

Uji coba pelarangan sepeda motor melintas di ruas jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat‎ mulai diberlakukan hari ini, Rabu (17/12). Namun moda transportasi gratis yang disediakan Pemprov DKI Jakarta berupa bus tingkat wisata dan 10 bus Transjakarta masih sepi peminat. Hal ini dikarenakan pengendara sepeda motor lebih memilih untuk mencari jalan alternatif dibanding memarkirkan kendaraannya dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus gratis.

Pasti tidak ada yang mau naik bus gratis. Percaya sama aku

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama telah memprediksi hal tersebut akan terjadi. Sebab dia menilai, warga Jakarta lebih memilih menggunakan sepeda motor daripada harus naik kendaraan umum. Karena mengendari motor telah menjadi kebiasaan mereka. "Pasti tidak ada yang mau naik bus gratis. Percaya sama aku," kata Basuki, di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12).

Menurut Basuki, pengendara sepeda motor lebih memilih menggunakan jalan alternatif untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Diakuinya, untuk mengubah perilaku warga memang tidak mudah. Padahal sebagai kompensasi kebijakan ini telah disiapkan bus tingkat wisata dan 10 bus Transjakarta secara gratis. "Mereka pasti cari alternatif. Jadi orang itu sudah terbiasa naik motor. Tidak bisa kendaraan umum manapun mengalahkan sepeda motor," ujarnya.

Lima Bus Tingkat Gratis Belum Bisa Dioperasikan

Meski demikian, kata Basuki, Pemprov DKI Jakarta tetap akan menambah jumlah bus tingkat gratis agar waktu tunggu bus semakin singkat. Sehingga warga pun bisa menikmati bus gratis dengan nyaman.

Seperti diketahui, uji coba larangan sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat‎ mulai diberlakukan hari ini. Selian untuk mengurangi kemacetan, kebijakan ini juga untuk menekan angka kecelakaan pengendara sepeda motor.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing