You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wali Kota Jakut Apresiasi Juara Mobil Hias Jakanarval 2019
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Wali Kota Bangga Jakut Raih Juara Mobil Hias Jakanarval 2019

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau, mengapresiasi dua perwakilan mobil hias asal Jakarta Utara yang meraih juara di dua kategori berbeda saat parade Jakarnaval 2019, Minggu (30/6) kemarin.

Keduanya mengusung tema wajah Baru Jakarta,

Dua kemenangan berasal dari mobil hias milik Pemkot Administrasi Jakarta Utara dan Indonesia Port Container (IPC)-Pelindo yang masih di bawah binaan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara.

"Dari 170 peserta kendaraan hias, Jakarta Utara berhasil menjadi juara. Ini adalah prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan," ujar Syamsudin, Senin (1/7).

Yuk Saksikan Kemeriahan Jakarnaval 2019

Dilanjutkannya, keberhasilan itu tidak lepas dari kolaborasi semua pihak untuk menampilkan yang terbaik. Ia berharap, keberhasilan ini bisa memotivasi seluruh elemen masyarakat semakin memajukan Jakarta Utara.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua karena Jakarta Utara terpilih sebagai juara kendaraan hias dalam Jakarnaval 2019," katanya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Rus Suharto menjelaskan, mobil hias milik Pemkot Jakarta Utara meraih kategori mobil hias dengan atraksi terbaik. Sedangkan mobil hias milik IPC-Pelindo meraih kategori mobil hias dengan menggunakan inovasi dan teknologi terkini.

“Keduanya mengusung tema wajah Baru Jakarta. Desainnya pun merujuk pada implementasi sub-sub itu,” katanya.

Dijelaskan Rus, mobil hias milik Pemkot Jakarta Utara menggunakan mobil enam roda yang dihias dengan menampilkan ornamen ikon Jakarta Internasional Stadium (JIS) dengan lambang pohon Nyamplung dan Burung Raja Udang khas Jakarta Utara pada bagian muka mobil. Ornamen corak batik Marunda yang menjadi khas khas Jakarta Utara pun dijadikan umbul-umbul di mobil hias tersebut.

Mobil hias juga diisi penampilan grup seni Keroncong Tugu sebagai warisan budaya tak benda. Serta sepasang Abang-None, pemandu acara dan tiga penari Betawi yang masing-masing mengenakan pakaian khas Betawi aneka warna dengan maksud menunjukkan dinamika kehidupan suku bangsa di Jakarta Utara.

“Di mobil tersebut juga terdapat artis Betawi kawakan, Mpok Tonah,” jelasnya.

Sedangkan mobil hias milik IPC-Pelindo, tampil dengan bentuk ornamen kapal yang identik dengan pelabuhan. Lengkap dengan abang-none, nahkoda hingga anak buah kapal berpakaian pelaut.

“Persiapannya cukup panjang pada proses desain dan dapat persetujuan dari Pemkot dan Kedinasan,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1110 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye996 personAldi Geri Lumban Tobing