You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Hadiri Forum Pembauran Kebangsaan, Anies Ingin Jakarta Jadi Perekat Simpul Persatuan
.
photo Dadang Kusuma Wira Putra - Beritajakarta.id

Hadiri Forum Pembauran Kebangsaan, Anies Ingin Jakarta Jadi Perekat Simpul Persatuan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Forum Pembauran Kebangsaan dan acara Pagelaran Budaya serta Festival Kuliner Etnik Nusantara di area Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/8).

Jakarta jadi simpul

Dalam sambutannya, Anies menuturkan, Jakarta adalah tempat yang menjadi simpul persatuan di Indonesia karena berkumpulnya beragam suku dan etnis dari berbagai daerah.

"Kita rasakan betul, Jakarta jadi simpul. Kami berkali-kali katakan, perjalanan pembentukan negara, cikal-bakal ada di mana-mana, tapi ketemunya di Jakarta. Bangsa Indonesia dengan unsur variasi miliki latar berbeda-beda, tapi keunikannya bukan hanya keberagamannya, yang unik justru karena persatuan bangsa ini," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Sudin Parbud Jakpus akan Gelar Festival Kebon Bang Jaim

Maka dari itu, Anies meminta agar warga Jakarta yang memiliki bermacam budaya harus menjadi perekat simpul persatuan bangsa.

"Yang harus kita dorong adalah persatuan hadir di tempat ini. Karena, bagaimanapun juga, persatuan di Jakarta telah bersenyawa dengan warganya. Inilah yang membuat kita unik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies berharap forum ini akan semakin besar guna menjaga persatuan. Tentunya, didukung oleh Pemprov DKI Jakarta dalam pelaksanaannya agar forum ini dapat semakin besar jangkauannya.

"Khusus buat forum pembauran kebangsaan, insya Allah forum ini makin besar, nanti Kesbangpol ikut dukung dalam forum pembauran ini. Kita harap Jakarta bisa jadi tuan rumah. Rencana tahun depan, kita bicarakan detail seperti apa, karena yang penting bukan hanya lokasi, tapi interaksi yang sangat dipentingkan," tandasnya.

Dalam acara ini, perwakilan dari Forum Pembauran Kebangsaan juga membacakan empat sikap forum atau perjanjian forum, yang kemudian diserahkan kepada Gubernur Anies. Adapun empat sikap yang dinyatakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi DKI Jakarta, yaitu;

1. Siap jadi pilar, garda terdepan pembauran kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI harga mati

2. Berjanji akan setia pada Pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia dan meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa

3. Menciptakan harmonisasi atas pluralisme, etnis, suku, RAS, dalam bingkai Bhinneka Tungggal Ika

4. Mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menciptakan situasi kota Jakarta tetap aman, tentram, damai, dan kondusif, sesuai dengan misi Gubernur, maju kotanya bahagia warganya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5090 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3460 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3308 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3263 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3252 personAnita Karyati