You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bendungan katulampa bogor
.
photo doc - Beritajakarta.id

Katulampa Siaga 3, Warga Diminta Waspada Banjir Kiriman

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan Bogor sejak siang hingga malam hari ini menyebabkan tinggi muka air di Bendung Katulampa berada di posisi siaga tiga. Untuk itu, warga Jakarta yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung diminta waspada datangnya banjir kiriman. 

Ketinggian air di dua pintu air tersebut mengalami kenaikan dan saat ini pada posisi siaga tiga yakni di Bendung Bendung Katulampa dan Pintu Air Karet

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, tinggi muka air di sejumlah pintu air mengalami kenaikan secara bertahap. Di Bendung Katulampa, tinggi muka air sudah terjadi sejak pukul 17.00 yakni dari 40 cm menjadi 50 cm. Kemudian sekitar pukul 17.44, tinggi muka air bertambah menjadi 120 cm atau dalam posisi siaga tiga.

Hal yang sama juga terjadi di Pintu Air Karet, dimana saat ini tinggi muka air mencapai 500 cm atau dalam posisi siaga tiga. "Ketinggian air di dua pintu air tersebut mengalami kenaikan dan saat ini pada posisi siaga tiga yakni di Bendung Bendung Katulampa dan Pintu Air Karet," ujar Ratman, petugas Pusdalops BPBD DKI Jakarta, Jumat (26/12).

Lima Pintu Air di Jakarta Siaga III

Ditambahkan Ratman, tinggi muka air untuk lokasi lainnya hingga kini masih bervariasi. Seperti di pintu air Depok, Manggarai, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang, Sunter Hulu, Pulogadung yang masih dalam kondisi siaga empat.

Dengan kondisi Bendung Katulampa yang dalam kondisi siaga tiga, delapan kelurahan di Jakarta yang dialiri Kali ciliwung diminta waspada dalam mengantisipasi datangnya banjir kiriman. Delapan kelurahan itu yakni, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Adapun perjalanan air dari Katulampa menuju Jakarta membutuhkan waktu 6-9 jam.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye827 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati