You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
cctv pintu air
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pantau Pintu Air, Dinas PU Pasang 15 CCTV Baru

Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta tahun ini menambah 15 Close Circuit Television (CCTV) untuk memantau pintu air di ibu kota maupun kawasan hulu. Sebelumnya, Dinas PU DKI telah memiliki 19 CCTV untuk memantau ketinggian air di sejumlah pintu air di ibu kota maupun di kawasan hulu. Dengan penambahan CCTV diharapkan langkah antisipasi banjir bisa dilakukan dengan cepat dan memudahkan koordinasi dengan instansi terkait.

Dengan begitu, kita juga bisa mewaspadai banjir kiriman

"Kita tambah lagi sebanyak 15 unit CCTV untuk tahun ini," ujar Sarju, Kepala Unit Pengelola Teknologi Informatika, Dinas PU DKI Jakarta, saat dihubungi beritajakarta.com, Kamis (25/12).

Dinas PU Optimis Kinerja Bakal Membaik

Menurutnya, dengan adanya CCTV ini, tinggi muka air bisa terus dipantau. Sehingga jika mengalami kenaikan tinggi muka air bisa langsung dikoordinasikan kepada lurah dan camat untuk segera mengevakuasi warganya yang berada di bantaran sungai. "Dengan begitu, kita juga bisa mewaspadai banjir kiriman," ucapnya.

Ke-15 CCTV tersebut antara lain dipasang di Pintu Air Depok, Pintu Air Pesanggrahan, Pintu Air Angke Hulu, Pintu Air Krukut Hulu, Pintu Air Cipinang Hulu, Pintu Air Sunter Hulu, Pintu Air Pulogadung, Pintu Air Pasar Ikan, Pintu Air Marina, Pompa Ancol, pompa Waduk Muara Angke Hilir, pompa Tol Sedyatmo, pompa Sunter Timur 1, pompa Sunter Timur 3, dan pompa Kelapa Gading.

Adapun anggaran untuk pemasangan satu CCTV menelan anggaran sebesar Rp 20 miliar. "Anggarannya bukan hanya untuk pembelian CCTV saja, tapi juga untuk pasang server, tiang serta perangkat lainnya," kata Sarju.

Sedangkan ke-19 titik CCTV yang sudah terlebih dulu dipasang antara lain terletak di Waduk Melati, Waduk Pluit, Pompa Viaduct, pintu air Ancol, pintu air Istiqlal, Waduk Setiabudi Barat, pintu air Katulampa, Kanal Banjir Timur (KBT), Pompa Cideng, Pompa Jembatan Merah, Pompa Teluk Gong, Pompa Kapuk Poglar, dan pintu air Karet.

Lalu di Jalan Sabang, Pompa Underpass Angkasa, Underpass Senen, Underpass Dukuh Atas, Polda Metro Jaya, dan pintu air Manggarai. "Jumlah yang ada memang masih kurang. Sehingga akan terus ditambah namun secara bertahap," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1217 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1101 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1043 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye850 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati