You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Anies Ingin PBB Setu Babakan Jadi Pusat Pengembangan Budaya Betaw
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Anies Ingin PBB Setu Babakan Jadi Pusat Pengembangan Budaya Betawi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri peringatan ulang tahun atau Milad ke-19 Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jalan M. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

Kita berharap nantinya kampung ini bisa menjadi rujukan

Mengusung tema "Bersyukur dalam Kebersamaan", Anies berharap kawasan Setu Babakan bukan saja menjadi destinasi wisata dan pusat kebudayaan, tetapi juga dikenal sebagai pusat pengembangan dan publikasi budaya Betawi.

"Kita berharap nantinya kampung ini bisa menjadi rujukan. Kalau ada peniliti datang dari dunia internasional, ingin tahu tentang Kampung Betawi, datang ke sini. Ingin melakukan penelitian, datang ke sini. Ingin menulis, datang ke sini. Insya Allah kampung ini benar-benar menjadi Kampung bukan saja destinasi wisata, bukan saja pusat kebudayaan, tapi juga pusat pegembangan dan publikasi budaya Betawi," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Milad ke-19 PBB Setu Babakan Targetkan 2.000 Pengunjung

Anies mengatakan, peringatan ulang tahun PBB Setu Babakan yang diselenggarakan setiap bulan Muharam harus menjadi momentum agar kawasan tersebut tumbuh berkembang bukan saja secara fisik, tapi ada kajian-kajiannya.

Anies berharap, budaya Betawi benar-benar dapat menjadi tuan rumah di tanah sendiri dan memesona tamu dari tempat lain termasuk dunia internasional.

"Ini karena masyarakat Betawi sekarang sudah ada di mana-mana, bukan hanya di Jakarta. Banyak yang sudah keluar. Yang keluar, mereka harus menjadi tamu memesona. Yang di Jakarta, mereka menjadi tuan rumah. Karena itu, saya berharap kita dorong sama-sama. Nanti kita ikut fasilitasi," terangnya.

Menurutnya, usia 19 tahun bukan waktu yang singkat dalam perhitungan umur manusia. Untuk itu, Anies mengapresiasi upaya dari para pengurus, khususnya Forum Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi yang sudah konsisten melestarikan maupun mengembangkan kebudayaan Betawi.

Ia menambahkan, dalam rangka ikut melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Betawi, Pemprov DKI Jakarta telah menyelenggarakan Jakarta Muharam Festival di Bundaran HI maupun pertunjukan Lenong di Balaikota.

Anies berharap kegiatan ekspresi kesenian dan kebudayaan khas Betawi mendapatkan panggung sekaligus bisa dilaksanakan secara berkala, berkelanjutan, dan mendapatkan tempat untuk generasi anak muda.

Untum diketahui, perayaan Milad ke-19 ini dimeriahkan dengan pentas seni budaya Betawi, mulai dari ondel-ondel, palang pintu, gambang kromong, hingga keroncong Betawi. Selain pertunjukan seni budaya Betawi, perayaan Milad juga diramaikan dengan bazar 24 kuliner khas Betawi, seperti, laksa, toge goreng, nasi uduk, kerak telor, soto Betawi, gado-gado, selendang mayang, dan kuliner Betawi lainnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8513 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3595 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3376 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3316 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3305 personAldi Geri Lumban Tobing