You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Djarot Jajal Mobil Street Sweeper
Dinas Kebersihan DKI Jakarta membeli sebanyak 21 mobil street sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat berkesempatan untuk menjajal kendaraan dengan teknologi modern tersebut di kawasan Monas, Jaka.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Mobil Street Sweeper Sempat Gagal Diuji Coba

Dinas Kebersihan DKI Jakarta membeli 21 unit mobil street sweeper atau penyapu jalan otomatis. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat pun berkesempatan menjajal mobil berteknologi canggih itu di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (31/12).

Ini cukup canggih, tapi operatornya harus terlatih, tidak boleh sembarangan

Mantan Walikota Blitar itu pun langung mengujicoba salah satu mobil street sweeper yang dikemudikan oleh satu petugas. Djarot pun semakin penasaran dengan kinerja mobil canggih tersebut. Ia pun ingin melihat kemampuan mobil tersebut dalam membersihkan sampah yang disediakan panitia di lokasi.

Sayangnya, uji coba mobil pertama yang dioperasikan gagal membersihkan sampah yang ada. Uji coba kemudian dilanjutkan dengan mobil yang kedua. Namun sayang, lagi-lagi mobil tersebut gagal membersihkan sampah yang sengaja dibiarkan berserakan di lokasi uji coba.

Djarot Ingin Sampah Pasar Diolah Jadi Kompos

Uji coba akhirnya baru berhasil dilakukan dengan menggunakan mobil ketiga. Mobil tersebut terlihat berhasil menyapu bersih semua sampah termasuk batuan yang berserakan di lokasi uji coba. "Saya senang, karena saya melihat penyapu jalan sering memasukan sampah ke saluran air, jadinya banjir kalau begitu. Kalau dengan cara ini kan tidak, sampahnya langsung diangkut," ujar Djarot, Rabu (31/12).

Meski sempat tidak berhasil dalam uji coba, namun secara keseluruhan Djarot memuji pembelian mobil penyapu jalan otomatis tersebut. "Ini cukup canggih, tapi operatornya harus terlatih, tidak boleh sembarangan," katanya.

Ia pun meminta operator mobil tersebut tidak berganti-ganti agar operator bisa lebih bertanggung jawab untuk pengoperasiannya. "Harus jelas mengoperasikan mobil yang mana, jangan pindah-pindah tangan, latih betul supaya paham mekanismenya. Kalau salah cepat rusak, karena bahaya sekali," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati