You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Komisi D Sarankan Pemprov DKI Tingkatkan Kinerja Dalam Atasi Banjir
.
photo Adriana Megawati - Beritajakarta.id

Sekretaris Komisi D Ajak Warga Jaga Kebersihan Badan Air

Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Syarief mengajak masyarakat untuk terus berkontribusi menjaga kebersihan badan air, baik saluran mikro, saluran penghubung, kali, hingga waduk.

Rutin mengadakan kerja bakti

Menurutnya, sampah-sampah yang ada pada badan air bisa menjadi sumbatan. Sehingga, karena air tidak dapat mengalir dengan lancar maka bisa memicu terjadinya genangan maupun banjir.

Antisipasi Banjir, 700 Personel Satpol PP Jaktim Disiagakan

"Kesadaran masyarakat ini penting. Saya juga meminta agar jajaran camat dan lurah terus mengingatkan warga untuk tidak buang sampah sembarangan dan rutin mengadakan kerja bakti," ujarnya, Senin (18/11).

Syarief menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga harus bahu-membahu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap potensi banjir.

"Jakarta ini masih rentan terhadap banjir kiriman dari wilayah hulu. Untuk itu, perlu dilakukan upaya-upaya preventif, termasuk memastikan kesiapan pompa-pompa air, baik stasioner maupun yang mobile," terangnya.

Syarief menjelaskan, sejauh ini upaya-upaya yang dilakukan sudah cukup bagus, tapi masih perlu ditingkatkan agar semakin optimal.

"Saya menilai, saat ini sampah yang terbawa dari hulu hingga Pintu Air Manggarai saat volume sungai meningkat juga sudah dengan cepat dibersihkan," ungkapnya.

Secara khusus, kata Syarief, dirinya juga sudah melakukan peninjauan langsung ke lapangan di wilayah aliran Kali Cipinang.

"Pada beberapa bagian masih terjadi pendangkalan. Ini juga perlu segera ada pengerukan," tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya preventif, seperti membuat sumur resapan, rainwater harvesting, onsite detention, pengerukan di 17 sungai serta lima waduk yang berada di Jakarta dan sekitarnya. 

Selain itu, Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta telah membangun 987 titik sumur resapan di lima wilayah di Jakarta dengan target 1.000 titik sumur resapan pada tahun 2019, keberlanjutan pembangunan National Capital Integrated Coastal Development Kali Kamal sepanjang 2,2 kilometer, naturalisasi revitalisasi sungai, serta pembangunan waduk di 10 lokasi.

Kemudian, Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta telah mempersiapkan beragam teknologi mutakhir, antara lain pompa mobile sejumlah 133 unit dengan kapasitas 28,512 m3/dt, pompa stationer sejumlah 457 unit di 165 lokasi dengan kapasitas 489,01 m3/dt, pintu air 231 unit, ekskavator amphibi untuk pengerukan waduk, combi jetting yang digunakan untuk penyedotan lumpur saluran drainase, Automatic Water Level Recorder (AWLR) di 21 lokasi, serta CCTV online sejumlah 103 unit. 

Tidak hanya itu, sebanyak 7.889 personil pun dikerahkan, dengan dilengkapi alat berat 260 unit dan dump truck 461 unit.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3712 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3293 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2734 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2685 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2616 personFolmer
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved