You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KPID DKI Jakarta Award 2019 Usung Tema Siaran Berkualitas Masyarakat Cerdas
.
photo Adriana Megawati - Beritajakarta.id

KPID DKI Jakarta Award 2019 Usung Tema Siaran Berkualitas Masyarakat Cerdas

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta menggelar KPID Award 2019 pada Jumat (22/11) lalu.

Semangat untuk membentuk program siaran yang berkarakter inilah, yang terus didorong oleh KPID DKI Jakarta sebagai sebuah lembaga negara independen di bidang penyiaran, melalui ajang KPID DKI Awards 2019,

Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dari KPID DKI Jakarta terhadap kerja keras lembaga penyiaran yang telah berupaya menyuguhkan program-program berkualitas serta mendidik.



Ketua KPID DKI Jakarta, Kawiyan mengatakan, seiring berjalannya waktu hampir seluruh program lembaga penyiaran baik televisi maupun radio tidak bisa lepas dari nuansa hiburan untuk menarik minat penonton serta pendengarnya.

KPID DKI Dorong Lembaga Penyiaran Tayangkan Konten Lokal

Namun sayangnya, terdapat beberapa program-program bernuansa hiburan memiliki konten yang kurang mendidik, penuh adegan kekerasan, pornografi, bullying, serta tayangan dan siaran yang tak ramah bagi anak-anak.



Oleh sebab itu, banyak program-program yang sering melanggar ketentuan yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) demi mengejar rating.

Padahal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2012 tentang Penyiaran memberikan amanat bagi seluruh lembaga penyiaran agar dapat mewujudkan dunia penyiaran yang mampu membentuk jati diri bangsa, berakhlak mulia, berkepribadian dalam kebudayaan dan mencerdaskan generasi bangsa. Sehingga, tujuan utama untuk membentuk karakter masyarakat yang unggul dan berdaya saing tinggi dapat terwujud.


"Semangat untuk membentuk program siaran yang berkarakter inilah, yang terus didorong oleh KPID DKI Jakarta sebagai sebuah lembaga negara independen di bidang penyiaran, melalui ajang KPID DKI Awards 2019," ujar Kawiyan, Sabtu (23/11).



Kawiyan melanjutkan, proses penyeleksian KPID DKI Jakarta Awards 2019 ini dimulai dari bulan Juli hingga November 2019. Sedangkan puncak acara dilaksanakan pada Jumat (22/11) lalu di Gedung Menara Kompas, Jakarta Pusat. Diikuti oleh 20 lembaga penyiaran televisi dan 13 lembaga penyiaran radio. Terdapat 13 kategori penghargaan untuk lembaga penyiaran serta dua kategori special awarding.



Adapun 13 kategori penghargaan untuk lembaga penyiaran antara lain program anak, program animasi, program talkshow televisi, program talkshow radio, program televisi wisata budaya dan eksplorasi DKI Jakarta, program radio wisata budaya dan eksplorasi DKI Jakarta, program berita atau jurnalistik televisi liputan khusus DKI Jakarta, program berita atau jurnalistik radio liputan khusus DKI Jakarta, iklan layanan masyarakat DKI Jakarta televisi, dan iklan layanan masyarakat DKI Jakarta radio.

Kemudian, lembaga penyiaran televisi konten lokal terbaik, lembaga penyiaran radio konten lokal terbaik, serta lembaga penyiaran monitoring dan evaluasi terbaik. Sedangkan dua kategori special awarding antara lain tokoh inspiratif peduli penyiaran DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta peduli penyiaran.



"Melalui ajang penganugerahan KPID Award diharapkan dapat memupuk semangat Lembaga Penyiaran dan insan yang terlibat di dalamnya untuk menayangkan program siaran terbaik dan sesuai dengan P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran)," tandasnya.


Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3733 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3451 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3046 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3009 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2999 personAnita Karyati