You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Murid Jasa Boga SMKN 27 Ikuti Uji Kompetensi LSP
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Siswa SMKN 27 Ikuti Uji Kompetensi LSP

Empat rombongan belajar kelas XII jurusan Jasa Boga SMKN 27 Jakarta Pusat mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Diharapkan seluruh siswa dapat lulus dengan sertifikat kompeten,

Kasubbag TU SMKN 27, Maruhal Mangasi mengatakan, setiap lulusan Jasa Boga diwajibkan mengikuti uji kompetensi yang dibagi dalam lima kluster ujian yaitu, room service, restaurant service, cooking (masakan kontinenal), pastry gateaux-petitfour, dan pastry bakery-eclair.

Hal menarik pada uji kompetensi ini, siswa diwajibkan dapat mempresentasikan pastry bakery dan eclair dalam waktu lima jam. Demikian juga pastry bakery-eclair harus diselesaikan selama lima jam di dapur pastry.

SMKN 27 Jakarta Luncurkan Produk Karya Siswa

Untuk uji kompetensi cooking, siswa harus dapat mempresentasikan satu set makan kontinental dalam tiga jam berupa tiga menu terdiri dari soup, main course dan salad.

Dalam hal ini, target waktu untuk mempresentasikan menu menjadi tekanan tersendiri bagi siswa sehingga siswa peserta uji kompetensi terlihat sibuk dan serius di meja masing-masing.

"Diharapkan seluruh siswa dapat lulus dengan sertifikat kompeten, sehingga lulusan SMK Jasa Boga siap memasuki dunia kerja jasa boga atau dapat wirausaha kuliner," ujarnya, Selasa (10/12).

Maruhal menjelaskan, para siswa kelas XII jurusan Jasa Boga diharapkan dapat menyelesaikan seluruh rangkaian uji kompetensi yang pelaksanaannya ditargetkan selesai akhir Desember 2019 mendatang.

"Sehingga awal tahun 2020 siswa kelas XII dapat lebih fokus untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020," jelasnya.

Salah seorang siswi peserta uji kompetensi pastry gateaux-petitfour, Yuni Amelia menuturkan, jurusan Jasa Boga dipilih karena sesuai dengan hobinya memasak.

"Banyak ilmu membuat menu masakan, ini modal keterampilan yang bisa dipakai untuk nanti," ucapnya.

Ia menambahkan, pada uji kompetensi ini dirinya tengah membuat menu Gateaux dan Petitfour dengan komposisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Komposisinya tepung, telur, gula, ini dasarnya sponge cake. Untuk garnis pada kue sesuai kitanya, kalau cake-nya sesuai yang diajarkan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2377 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1129 personTP Moan Simanjuntak
  3. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1097 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1039 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. 16 Unit Armada Damkar Padamkan Kebakaran di Mal Citraland

    access_time04-10-2024 remove_red_eye983 personTP Moan Simanjuntak