You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas KPKP Gencarkan Edukasi Generasi Milenial Soal Pertanian Perkotaan
.
photo Mustaqim Amna - Beritajakarta.id

Dua Sekolah Terpilih Laksanakan Program PMS Kementan RI

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 109 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 63 terpilih untuk melaksanakan program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Pertanian perkotaan di Jakarta berkembang semakin luas

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, untuk menyukseskan program tersebut pihaknya bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) telah memberikan bimbingan teknis (Bimtek) di kedua sekolah tersebut.

"Kami mengedukasi agar pertanian perkotaan atau urban farming di dua sekolah itu dapat terimplementasikan dengan baik," ujarnya, Selasa (24/12).

Dinas KPKP Gelar Pembinaan Kompetensi Saka Taruna Bumi di RPTRA Amir Hamzah

Mujiati menjelaskan, program Petani Masuk Sekolah merupakan kegiatan budi daya pertanian yang dilaksanakan peserta didik dan guru di lingkungan sekolah.

"Peserta didik ini adalah generasi milenial. Mereka menjadi tumpuan harapan kita di masa depan," terangnya.

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto menambahkan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang budi daya pertanian, dan menumbuhkan semangat para murid menjadi agripreneur.

"Tidak kalah penting, program Petani Masuk Sekolah juga bertujuan meningkatkan ketersediaan dan akses pangan," ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Bimtek menghadirkan narasumber yang berkompeten seperti, Indarti Puji Lestari yang memberikan materi Inovasi Teknologi Urban Farming, Lukman Hakim terkait Pengolahan Limbah Organik untuk Pertanian, serta M Nur yang fokus pada Budi Daya Pertanian di Perkotaan.

"Kami ingin pertanian perkotaan di Jakarta bisa berkembang semakin luas dan banyak generasi muda yang terlibat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 63, Valentina Purnama Dewi sangat mengapresiasi program Petani Masuk Sekolah dan Bimtek yang diberikan Dinas KPKP bersama BPTP DKI Jakarta

"Program ini sangat bermanfaat bagi peserta didik kami sebagai generasi milenial agar ke depan bisa semakin yakin dengan prospek pertanian, termasuk untuk mendapatkan penghasilan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5661 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4527 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3186 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3148 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3022 personFolmer