You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mengasah Kreatifitas Dengan Melukis Lampion Imlek
.
photo Mustaqim Amna - Beritajakarta.id

Mengasah Kreativitas Anak Lewat Lukisan Lampion Imlek

Melukis hanya terfokus pada masalah kombinasi warna,

Mengasah kreativitas dengan berbagai objek menjadi modal berharga untuk menapaki masa depan. Sebuah prestasi apabila hasil karyanya juga bisa ditampilkan dan diapresiasi banyak orang

Inilah yang ingin dicapai oleh Zulfa (15) siswa SMA Bhayangkari 1 dan Yasmin Tiara (16) siswi SMAN 60 Jakarta saat mengikuti kegiatan melukis lampion bersama untuk menyambut Hari Raya Imlek 2571, di Gedung SMAN 60, Jalan Kemang Timur, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (20/1).

Jelang Imlek, Puluhan Anak Belajar Membuat Lampion

Menurut Zulfa, ia sangat suka dengan menggambar sejak di bangku sekolah dasar. Bahkan siswa kelas X ini bercita-cita bisa masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Ya saya senang ada kegiatan, karena saya suka menggambar dan melukis dari kelas 6 SD. Saya tidak menemukan kendala untuk dipasangkan dengan siapapun untuk bekerjasama," ujarnya.

Kegiatan kali ini merupakan kolaborasi antara sekolah SMAN 60 Jakarta dengan SMA Bhayangkari 1. Masing-masing sekolah di wakilkan oleh 30 siswa, dan mereka harus bekerjasama untuk bisa melukis 30 lampion.

Hal serupa diungkapkan oleh Yasmin yang menjadi partner Zulfa. Ia pun senang dengan menggambar, bahkan sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Yasmin sendiri juga berusaha lebih dalam untuk mempelajari teori-teori menggambar dan melukis.

"Perbedaan menggambar dan melukis itu terletak pada objeknya. Jika kita suka menggambar, otomatis melukis akan terasa mudah. Melukis hanya terfokus pada masalah kombinasi warna," jelas siswi kelas X jurusan IPA ini.

Untuk lampion ini, Yasmin menggambar dua ekor tikus putih, sesuai dengan tema yang diharuskan terkait shio tikus. Ia akan menggabungkan lukisannya dengan milik Zulfa di sisi yang berbeda.

"Saya melukis dua ekor tikus yang berada di bawah pohon sakura. Saya akan menyesuaikan dengan Zulfa yang melukis bagian sisi lampion ini. Nanti gambarnya akan terhubung," terang Yasmin yang juga ingin masuk ITB jurusan Desain Komunikasi Visual.

Rencananya, 30 lampion hasil karya para siswa akan ditampilkan di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat pada H-3 Hari Raya Imlek mendatang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3875 personNurito
  2. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3337 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2468 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2364 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2359 personFolmer