You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Kecamatan Tanjung Priok Terimbas Luapan Kali Sunter
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Ahok Duga Ada Sabotase Penyebab Banjir di Jakut

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menduga ada sabotase terkait penyebab banjir di Jakarta Utara, Jumat (23/1) lalu. Terlebih, belakangan diketahui banjir di wilayah itu disebabkan oleh jebolnya tanggul Kali Sunter.

Ini mirip-mirip sabotase, mereka beralasan tanggul tersebut dijebol bertujuan sebagai jalan masuk peralatan berat untuk mengeruk lumpur di dasar sungai

”Ini mirip-mirip sabotase, mereka beralasan tanggul tersebut dijebol bertujuan sebagai jalan masuk peralatan berat untuk mengeruk lumpur di dasar sungai. Logika ya, kontraktornya mau mengeruk sungai saat situasi lagi hujan. Masuk akal nggak?," ujar Basuki di Balaikota DKI, Senin (26/1).

Padahal, menurut Basuki, penjebolan tanggul tersebut, seharusnya tidak dilakukan mengingat Jakarta saat ini tengah memasuki musim penghujan.

7 Kelurahan di Tanjung Priok Tergenang

”Memangnya tanggul tidak pakai semen? Semen mana bisa kering cepat, ini musim hujan. Ini keterlaluan. Kan, lebih baik tidak usah dikeruk dong," tuturnya.

Basuki mengaku, pihaknya tidak memiliki bukti terkait penjebolan tanggul yang sengaja dilakukan oleh pihak kontraktor. Namun, penjebolan tanggul secara sengaja ini pun pernah terjadi tahun lalu saat sebanyak 13 sungai di ibu kota dikeruk.

"Makanya saya mau suruh laporin polisi saja," ungkapnya.

Menurut Basuki, seharusnya tidak ada kontraktor yang berani menjebol tanggul secara sengaja tanpa minta izin. Kontraktor harus mengajukan izin kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

"Ini sudah tahu kita setengah mati mau memperkuat tanggul, tahun ini mau diperkuat, malah dijebolin gara-gara alasan mau ngeruk sungai," katanya.

Basuki menambahkan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyono.

”Saya sudah SMS ke Pak Menteri sama perusahaannya (yang ngeruk juga)," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye841 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati