You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Petugas di TPST Bantar Gebang Dapat Bantuan APD
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Petugas di TPST Bantar Gebang Dapat Bantuan APD

Petugas di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari salah satu lembaga filantropi di Indonesia.  

Pencegahan tertular COVID-19

Bantuan yang diberikan berupa paket APD lengkap terdiri dari baju hazmat, kaca mata pelindung, dan masker. Selain itu, petugas juga diberikan sprayer disinfektan, cairan disinfeksi, dan hand sanitizer.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Andono Warih menyampaikan apresiasinya atas kepedulian terhadap keselamatan petugas kebersihan.

Petugas Pemakaman dan Kesehatan di Jakbar Terima Bantuan

"Langkah ini sejalan dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan yang mengedepankan kolaborasi. Kolaborasi menjadi kata kunci untuk mempercepat penanganan dan memutus wabah COVID-19," ujarnya, Jumat (17/4).

Andono menjelaskan, Dinas LH DKI Jakarta telah memiliki prosedur keselamatan diri bagi petugas. Protokol tersebut tertuang dalam Instruksi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 30 Tahun 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 Terhadap Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

"Ada kewajiban seluruh pegawai yang bekerja di lapangan menggunakan APD lengkap yang sesuai dengan risiko kerjanya," terangnya.

Ia menambahkan, petugas juga diharuskan meningkatkan kewaspadaan dan disiplin diri untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan melakukan pembatasan fisik antar pegawai minimal satu meter saat bertugas.

"Kami juga minta para petugas selalu berupaya menjaga kebersihan area tempat bekerja serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan tugas," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Tunasmuda Care, Hendra Ikhwan menuturkan, pihaknya menyalurkan bantuan khusus bagi petugas medis dan juga petugas kebersihan yang berpotensi tinggi tertular COVID-19.

"Kami menilai petugas lapangan di TPST Bantar Gebang punya potensi tinggi untuk terpapar atau tertular virus corona. Untuk itu, kami berinisiatif memberikan paket APD kepada pahlawan kebersihan yang selama ini berkerja melayani warga Jakarta," ucapnya.

Ia meminta, warga Jakarta dapat memmbantu petugas kebersihan dengan  disiplin memilah sampah masker bekas agar tidak dicampur dengan sampah lainnya.

"Kita berharap tidak ada petugas kebersihan yang tertular COVID-19. APD ini sangat mereka perlukan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4824 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3186 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3033 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2992 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2975 personAnita Karyati