You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Uji Coba Penataan Stasiun Tanah Abang Dimulai
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Uji Coba Penataan Stasiun Tanah Abang Dimulai

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama PT KAI dan PT KCI melakukan uji coba penataan Stasiun Tanah Abang, Selasa (2/6).

Kita harapkan dengan adanya penataan ini tidak terjadi kemacetan lalu lintas pada jalan arteri maupun lokal di stasiun,

Program penataan stasiun menyasar empat stasiun di Jakarta yakni, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Senen, dan Stasiun Sudirman.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, penataan ini merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan integrasi di lingkungan stasiun.

Dishub Halau 7.025 Kendaraan Tujuan Jakarta

"Pada Januari lalu dilakukan penandatangan terkait dengan penataan empat stasiun di wilayah Provinsi Jakarta. Di mana yang sudah dilakukan uji coba adalah Stasiun Juanda, kemudian Stasiun Tanah Abang, selanjutnya besok akan dilakukan uji coba Stasiun Senen, lalu Stasiun Sudirman," ujar Syafrin.

Menurutnya, inti dari penataan stasiun yakni adanya integrasi secara penuh untuk pergerakan orang dan kendaraan, baik yang akan menuju stasiun maupun dari stasiun menuju angkutan lainnya.

Syafrin menuturkan, seluruh stakeholder telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang ada. Dia merinci, untuk layanan Transjakarta sudah disediakan halte Transjakarta. Begitu juga dengan ojek pangkalan maupun ojek online yang telah disediakan tempat khusus untuk menunggu, menjemput, dan menurunkan penumpang.

Penataan ini juga mengatur pola pengangkutan penumpang oleh angkutan lingkungan seperti bajaj dan mikrolet.

"Kita harapkan dengan adanya penataan ini tidak terjadi kemacetan lalu lintas pada jalan arteri maupun lokal di stasiun, karena adanya integrasi antar moda yang baik," ucap Syafrin.

Ditambahkan Syafrin, akan ada pengaturan dan pengawasan penataan stasiun oleh satgas pengawasan di bawah komando Kepala Satpol PP DKI Jakarta, bersama Dinas Perhubungan dan Wali Kota Jakarta Pusat.

"Uji coba akan dilakukan secara berkesinambungan, kita akan evaluasi untuk tim penataan stasiun setiap hari Rabu akan ada rapat rutin untuk evaluasi uji coba kemudin progam ke depan penataan stasiun seperti apa," ungkap Syafrin.

Salah seorang pengguna jasa kereta api yang bekerja di sekitar Tanah Abang, Vini mengatakan, terjadi perubahan yang signifikan di Stasiun Tanah Abang dan di luar ekspektasinya. Menurutnya, penataan membuat Stasiun Tanah Abang lebih tertata dan rapi, tidak seperti sebelumnya yang terkesan kumuh.

"Setiap hari saya menggunakan Stasiun Tanah Abang, bagus banget, terakhir masuk kerja belum kayak gini. Saya sempat upload di Instagam, teman kantor kaget. Tanah Abang makin rapi tertata banget," tandas Vini.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye4006 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3510 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3358 personAnita Karyati
  4. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3276 personNurito
  5. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3275 personBudhi Firmansyah Surapati