You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penanaman Sayuran dan Buah Dilakukan Serentak di 92 Lokasi
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Penanaman Sayuran dan Buah Dilakukan Serentak di 92 Lokasi

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menginisiasi penamanan tanaman sayuran dan buah secara serentak di 92 lokasi di Jakarta.

Kegiatan tersebut dimonitoring langsung secara online oleh Direktur Perbenihan Holtikultura Kementerian Pertanian RI, Sukarman, serta Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni.

Darjamuni mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, selain kelompok tani atau penggiat urban farming, kegiatan penanaman serentak ini diikuti oleh anggota organisasi masyarakat (ormas), pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dan unsur TNI.

Dinas KPKP Pantau Stok dan Harga Bahan Pangan

"Pada saat kita menghadapi pandemi COVID-19 rupanya masyarakat menyiapkan waktu lebih untuk melakukan kegiatan penanaman. Saya senang sekaligus kaget dengan antusiasme warga. Ini hal yang luar biasa," ujarnya, Jumat (12/6).

Darjamuni menjelaskan, melihat antusiasme masyarakat, Dinas KPKP DKI Jakarta siap menyediakan benih untuk mendukung kegiatan pertanian perkotaan di berbagai wilayah. Kepala UPT Perbenihan Dinas KPKP DKI Jakarta sudah diinstruksikan untuk menyiapkan benih tanaman-tanaman produktif untuk membantu masyarakat yang ingin mengembangkan pertanian di Jakarta.  

"Silakan ajukan ke dinas jika ada kebutuhan minta benih. Kalau misalnya benih-benih holtikultur nanti kita ajukan permohonan ke Kementerian Pertanian untuk benihnya, kalau untuk tanaman buah dan produktif kami siapkan di UPT Perbenihan, tanaman yang diminta harus disesuaikan dengan potensi wilayahnya," terangnya.

Darjamuni meminta petugas teknis di lapangan seperti Satuan Pelaksana (Satlak) dan para penyuluh untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi potensi yang ada serta kebutuhan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Kami akan terus menanam di lahan kosong baik itu milik swasta, pribadi, perkantoran, gang-gang hijau, rooftop, dan RPTRA. Ini potensi untuk kita kembangkan lebih lanjut agar program pertanian perkotaan di Jakarta semakin berhasil," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3501 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3096 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2501 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2485 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2415 personFolmer