You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Protokol Pencegahan Covid-19 di Museum
.
photo doc - Beritajakarta.id

Ini Protokol Kesehatan di Museum Saat PSBB Transisi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membuka museum untuk dikunjungi wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen

Pelaksanaan protokol kesehatan di museum diatur melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Nomor 548 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Operasional Museum Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, museum-museum yang dikelola Pemprov DKI Jakarta sudah mulai dibuka atau beroperasi pada 8 Juni 2020. Museum dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Transjakarta Pastikan Protokol Pencegahan COVID-19 Tetap Berjalan

"Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas museum. Pengelola maupun pengunjung wajib menggunakan masker dan dicek suhu tubuhnya saat memasuki area museum," ujarnya, Senin (15/6).

Iwan menjelaskan, pengelola museum juga menyediakan hand sanitizer di pintu masuk dan keluar museum, serta di tempat-tempat strategis. Termasuk, sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Kami sediakan area atau ruangan tersendiri untuk mengobservasi petugas maupun pengunjung yang ditemukan gejala COVID-19 pada saat pengecekan," terangnya.

Ia menambahkan, protokol kesehatan lain yang diterapkan yakni kebijakan untuk menjaga jarak (physical distancing) selama aktivitas pelayanan museum. Pengaturan jarak antar petugas maupun pengunjung paling sedikit satu meter.

"Saya instruksikan petugas di museum-museum menyampaikan protokol pencegahan penularan COVID-19 kepada pengunjung secara aktif," ungkapnya.

Menurutnya, petugas juga akan memastikan seluruh area museum bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan menggunakan pembersih dan disinfektan secara berkala.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan setiap hari sebelum dan sesudah aktivitas layanan museum," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4678 personNurito
  2. PT JIP Hadirkan Penerangan Jalan Umum Pintar di Kawasan Gunawarman

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4055 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 113 Ribu Warga Non DKI Urus Kepindahan Dokumen Sesuai Domisili

    access_time25-04-2024 remove_red_eye4029 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kesit B Handoyo Terpilih Jadi Ketua PWI Jaya 2024-2029

    access_time25-04-2024 remove_red_eye3867 personFolmer
  5. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2939 personAnita Karyati