You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Gelar Serangkaian Acara Virtual Rayakan HUT ke-493 Kota Jakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Gelar Serangkaian Acara Virtual Rayakan HUT ke-493 Kota Jakarta

Perayaan HUT Kota Jakarta tahun ini memang jauh berbeda, lantaran berlangsung pada masa pandemi COVID-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lantas menggelar serangkaian acara secara virtual yang dapat dinikmati seluruh warga dari rumah dalam rangka merayakan HUT Ke-493 Kota Jakarta.

Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita,

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, selaku Ketua Panitia HUT Ke-493 Kota Jakarta, menuturkan, perbedaan gelaran tahun ini hanya terkait tata cara dalam merayakan HUT Kota Jakarta. Jika sebelumnya, dalam rangkaian perayaan HUT Kota Jakarta banyak diisi dengan kegiatan luar ruang dengan kerumunan besar, maka pada masa pandemi ini perlu membiasakan diri dengan kegiatan di dalam ruang tanpa kerumunan besar, bahkan dengan kegiatan virtual.

Pemprov DKI Bakal Luncurkan Video Vibrant Jakarta

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemi ini," tuturnya, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (20/6).

Adapun tema perayaan tahun ini adalah Jakarta Tangguh, menunjukkan Jakarta sebagai kota yang tangguh dalam menghadapi pandemi COVID-19. "Logo yang digunakan pun melambangkan ketangguhan kota Jakarta, kolaborasi yang harmonis antara Pemprov DKI Jakarta dan masyarakat, semangat pantang menyerah yang tak kunjung padam, untuk menyongsong Kota Jakarta yang maju, tangguh, sejahtera, dan terlepas dari pandemi COVID-19," ungkap Saefullah.

Lebih lanjut, Saefullah menjelaskan, rangkaian acara HUT Ke-493 Kota Jakarta dimulai dengan Upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dilaksanakan pula Sidang Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta. Baik Upacara maupun Sidang Paripurna diselenggarakan sesuai protokol kesehatan yang diamanatkan pada Pasal 2 Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2020.

"Untuk masyarakat, kami menyiapkan beragam acara yang diadakan secara virtual, agar tetap dapat dinikmati meski dari rumah. Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv," jelasnya.

Rangkaian acara HUT Ke-493 Kota Jakarta secara virtual dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan, Kegiatan Festival Jakarta Great Online Sale akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 30 Juni 2020, namun sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, di mana masyarakat dapat turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online. 

Sementara itu, kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale pada pusat-pusat pembelanjaan Jakarta belum dapat dilaksanakan pada masa pandemi ini untuk mencegah terjadinya keramaian. 

Berikut rincian rangkaian acara virtual untuk merayakan HUT Ke-493 Kota Jakarta:

1. Jakarta Great Online Sale: berkolaborasi dengan 8 platform/e-commerce yang memberikan penawaran menarik untuk masyarakat dalam bertransaksi secara online.

2. Tur Virtual: Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

3. Gubernur Menyapa Warga: Gubernur Provinsi DKI Jakarta akan mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama Walikota / Bupati beserta Dewan Kota dan Dewan Kabupaten di Kantor Walikota / Bupati; Camat dan Lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

4. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur:

- Live Zoom Meeting dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif melalui akun media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta dan @jsclounge).

- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta. 

5. Beragam program menarik Berita Jakarta TV yang bisa disaksikan secara streaming di Beritajakarta.tv, antara lain Virtual Pensi Band SMA, Tik Tok Topeng Betawi, Live Report dari Balai Kota dan DPRD. Pada HUT Ke-493 Kota Jakarta ini juga akan sekaligus launching (meluncurkan) Beritajakarta.tv yang merupakan pengembangan dari Beritajakarta.id dengan platform TV Digital yang memberikan informasi tentang Jakarta secara visual melalui program–program menarik yaitu : 

1. Berita Jakarta

2. Ngobrol Tengah Hari

3. Mpok Sapa

4. Wajah Jakarta

5. Jurnal Kebon Sirih

6. Petantang Petenteng

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8153 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3228 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3016 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2956 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2942 personAldi Geri Lumban Tobing