You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
hujan_lebat_angin_ilust.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Dini Hari Nanti, Jakarta Masih Akan Diguyur Hujan Lebat

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi seperti yang terjadi sejak Minggu (8/2) malam hingga Senin (9/2) sore masih akan melanda ibu kota hingga beberapa hari ke depan.

Tapi, nanti malam menjelang pagi akan kuat lagi. Jadi yang perlu diwaspadai  nanti malam, potensinya begitu

Perkiraan itu dilihat berdasarkan pertumbuhan awan yang kuat di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek) bagian utara hingga malam nanti.

"‎Pertumbuhan awannya sekarang agak reda. Tapi, nanti malam menjelang pagi akan kuat lagi. Jadi yang perlu diwaspadai  nanti malam, potensinya begitu," ujar P Yunus, Deputi Meterologi BMKG, saat dihubungi, Senin (9/2).

BMKG Prediksi Musim Hujan hingga Februari

Yunus menjelaskan, tingginya curah hujan yang melanda Jakarta dan wilayah sekitarnya pada hari ini terbilang hal wajar. Mengingat, Jabodetabek memang telah diprediksi akan memasuki puncak penghujan pada Januari-Februari 2015 ini. "Prakiraan puncak musim penghujan Jabodetabek antara Januari-Februari. Jadi kalau hujan banyak terjadi di bulan ini sudah sewajarnya," tuturnya.

Ia mengutarakan, ‎penyebab terjadinya curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya karena aliran mata udara (konvergensi) dari laut Cina Selatan menuju ke laut Jawa. Konvergensi udara itu membawa uap air terangkat ke atas yang menjadi konversi berat hingga  membuat pertumbuhan awan kuat.

Menurut Yunus, berdasarkan pantauan pihaknya, konsentrasi awan dengan curah hujan seperti ini hanya melanda wilayah Jabodetabek khususnya di bagian utara. Khusus di Ibukota, curah hujan paling tinggi terjadi di wilayah Jakarta Utara yang mencapai 177 milimeter. "Di kawasan Puncak Bogor, curah hujannya hanya 30 milimeter,"‎ katanya.

Terkait dengan kondisi cuaca ekstrem belakangan ini, Yunus mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan pengumuman tentang ketinggian pintu air dan menghindari jalan-jalan yang banjir serta tergenang. "Kita minta masyarakat waspada dengan jalan-jalan yang banjir dan tergenang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye896 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye812 personAldi Geri Lumban Tobing