You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Volume Air Waduk Pluit Meningkat Drastis
Curah hujan yang tinggi mengakibatkan ketinggian air di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, meningkat drastis. Imbasnya air waduk meluap hingga menggenangi kawasan sekitarnya. .
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Volume Air Waduk Pluit Meningkat Drastis

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan ketinggian air di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, meningkat drastis. Imbasnya air waduk meluap hingga menggenangi kawasan sekitarnya.

Ketinggian air melonjak drastis saat pemadaman listrik. Karena kami hanya dapat mengoperasikan empat pompa saja dari sembilan pompa yang berfungsi

Meningkatnya ketinggian air diketahui mulai berlangsung sejak Senin (9/2) dini hari. Namun akibat adanya pemadaman listrik sekitar pukul 11.30, membuat ketinggian air meningkat drastis, dari + 5 sentimeter melonjak hingga + 200 sentimeter pada pukul 13.30.

"Ketinggian air melonjak drastis saat pemadaman listrik. Karena kami hanya  dapat mengoperasikan empat pompa saja dari sembilan pompa yang berfungsi. Karena kan menggunakan genset, jadi tidak semua pompa bisa dinyalakan," kata Joko, Penanggung Jawab Rumah Pompa Waduk Pluit.

3 Rumah Pompa Pluit Dimaksimalkan Sedot Banjir

Dikatakan Joko, dalam kondisi normal, ketinggian air di waduk seluas 80 hektare itu berkisar antara -190 sampai -170 sentimeter. Menurutnya, di waduk ini terdapat 10 pompa yang tersebar di tiga rumah pompa.

Joko menuturkan, saat ini air dari waduk sudah mulai menggenangi pemukiman warga di RT 20/17, Kelurahan Penjaringan. Ketinggian air diperkirakan mencapai 70 sentimeter.

Camat Penjaringan, Yani Wahyu Purwoko mengungkapkan, akibat genangan di wilayah Kelurahan Muara Baru, sebanyak 500 kepala keluarga (KK) sudah mengungsi. Saat ini pengungsi ditampung di posko pengungsian di lantai dasar Rusunawa Muara Baru.

"Tadi memang ketinggian air meningkat karena ada pemadaman. Mudah-mudahan setelah semua pompa diaktifkan air dapat segera dipompa keluar waduk menuju laut," tandas Yani.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1105 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito