You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Teduh dan Hijau, HKKU Jadi Sarana Olahraga dan Edukasi
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Menikmati Teduhnya Hutan Kota Kembangan Utara

Bagi Anda yang menyukai suasana hening sambil menghirup udara bersih, tak ada salahnya berkunjung ke Hutan Kota Kembangan Utara (HKKU).

Sebelum ada pandemi COVID-19, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin olahraga atau jalan santai saat akhir pekan

Sebab, hutan kota yang berada di RT 01/08, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini sangat asri ditumbuhi ratusan pohon berukuran besar dan tinggi.

Pantauan Beritajakarta.id di lapangan, Hutan Kota Kembangan Utara nampak rimbun dan teduh dipayungi beragam pepohonan besar.

Keceriaan Warga Tanjung Priok Bermain di Taman Gorontalo

Keberadaan pohon-pohon tersebut membuat hutan kota yang memiliki luas 1,69 hektare ini layak menjadi destinasi wisata menarik saat akhir pekan.

Selain menikmati rimbunnya pepohonan, di hutan kota ini, warga juga bisa berolahraga jalan santai sekaligus mengenalkan beragam jenis pohon yang ada di lokasi. Di antaranya pohon albasia, akasia, mangium, ekaliptus, kapuk, jambu air, nangka, mangga, rambutan dan kedondong.

Suryono (47), warga setempat mengatakan, Hutan Kota Kembangan Utara ini sangat cocok menjadi tempat rekreasi dan berolahraga karena tempatnya yang teduh dipenuhi pepohonan besar.

"Sebelum ada pandemi COVID-19, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin olahraga atau jalan santai saat akhir pekan," ujarnya, Selasa (28/7).

Terpisah, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin menuturkan, selain menjadi tempat rekrerasi, Hutan Kota Kembangan Utara ini juga diperuntukan sebagai resapan air dan paru-paru kota. Hutan kota tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak yang ingin mengenal jenis-jenis pepohonan.

Ia menambahkan, meski belum dibuka untuk umum, Hutan Kota Kembangan Utara ini selalu rutin dilakukan pemeliharaan. Di areal ini, pihaknya juga menempatkan sejumlah petugas pengamanan dalam (pamdal) untuk menjaga keamanan.

"Karena COVID-19, hutan kota ini masih ditutup. Setelah dinyatakan aman, kita akan kembali buka," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. PSN Diintensifkan di Cengkareng Timur dan Srengseng

    access_time15-03-2024 remove_red_eye3773 personTP Moan Simanjuntak
  2. Perbaikan Jalan Haji Wahid Gudang Baru Tuntas

    access_time15-03-2024 remove_red_eye3651 personTiyo Surya Sakti
  3. Dispusip Serahkan Sertifikat Akreditasi kepada Perpustakaan Masjid Istiqlal

    access_time14-03-2024 remove_red_eye3219 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. ASN dan PJLP Kelurahan Rawa Badak Utara Bagikan Takjil Gratis

    access_time14-03-2024 remove_red_eye3112 personAnita Karyati
  5. Penguatan Tanggul Kali Sunter Pulomas Ditarget Rampung Akhir Maret

    access_time14-03-2024 remove_red_eye3087 personAldi Geri Lumban Tobing