You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas SDA Maksimalkan Gerebek Lumpur dan Normalisasi Saluran
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Dinas SDA Maksimalkan Gerebek Lumpur dan Normalisasi Saluran

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, bersama Suku Dinas (Sudin) SDA di setiap wilayah meningkatkan kegiatan Gerebek Lumpur sebagai upaya antisipasi terjadinya genangan hingga banjir di musim hujan.

Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dari saluran, kali/sungai, serta waduk pada saat musim hujan

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini menjelaskan kegiatan Gerebek Lumpur tersebut telah dimulai sejak Maret lalu. Mulai dari skala mikro yang dilakukan oleh Satgas maupun gotong royong warga, hingga skala makro yang melibatkan alat berat untuk proses pengerukan kali/sungai, danau, serta waduk.

"Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dari  saluran, kali/sungai, serta waduk pada saat musim hujan," ujarnya, Rabu (30/9).

Plh Sekda Tinjau Giat Gerebek Lumpur di Jakarta Barat

Seperti yang dilakukan petugas bersama warga di RW 01 Kelurahan Kota Bambu Utara, Jakarta Barat yang membersihkan saluran mikro dan penghubung (Phb) pada Senin (28/9). Saat itu sebanyak 500 karung berisi sedimen lumpur dan sampah berhasil diangkut dari saluran-saluran dari enam RT.

Upaya serupa turut dilakukan oleh Satlak Sumber Daya Alam (SDA) Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pengangkatan sedimen dilakukan pada saluran air sepanjang 550 meter di Jalan Taruna V, RW 03, Kelurahan Serdang, pada Senin (28/9).

Kasatpel SDA Kecamatan Kemayoran, Supriyadi mengatakan, saat ini sepanjang 350 meter sendimen lumpur telah berhasil dikeruk, yang menghasilkan 120 karung berisi sedimen dalam sehari.

"Setelah kering, satgas SDA dengan truk KDO SDA lalu dibuang ke PLTU Ancol Jakarta Utara. Prediksi pengurasan saluran rampung akhir bulan Oktober nanti," terangnya.

Sementara itu, Petugas Sudin SDA Jakarta Timur melakukan pengerukan Kali Cipinang di Cipinang Muara, Jakarta Timur, Minggu (27/9). Pengerukkan dilakukan dengan menggunakan alat berat yang bertujuan agar kapasitas kali dapat maksimal untuk menampung hujan.

Selain itu, turut dilakukan perbaikan saluran air di RT 03/01 Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara pada Sabtu (26/9) lalu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5887 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2982 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2899 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2843 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2502 personNurito