You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Lakukan Pengawasan Produk Pangan di Pasar Swalayan Jalan Gunung Sahari
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Lakukan Pengawasan Produk Pangan di Pasar Swalayan

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pengawasan komoditas pangan segar di swalayan besar, Jalan Gunung Sahari Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Ini merupakan komitmen yang terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam memastikan keamanan pangan bagi warga

Plt Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pada pengawasan ini dilakukan uji sampel terhadap pangan segar tersebut yakni, uji residu pestisida, formalin, logam berat, klorin, dan zat pewarna.

Dia merinci, hasil perikanan yang diawasi dan diuji yakni, berbagai jenis ikan laut seperti udang, cumi, bakso ikan, siomai ikan, dan hasil olahan perikanan lainnya.

Dinas KPKP Patroli Laut, Delapan Kapal Pelanggar Ditindak

Sedangkan produk pertanian yaitu, kubis, kentang, wortel, daun bawang, daun seledri, bawang merah, bawang putih, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, cabai keriting, cabai TW/besar merah, buncis, sawi, kacang edamame, tomat, selada air, bayam, kangkung, kacang panjang, bawang bombai, apel impor, jeruk impor, anggur impor, beras.

Untuk produk hewan yaitu daging sapi, daging ayam, ati ayam, ampela ayam, daging giling, daging ayam giling dan lain-lain.

"Dari 30 sampel produk pangan segar hasil pertanian dipastikan semua aman dari kandungan atau zat berbahaya," ungkap Eli.

Untuk pengawasan hasil perikanan dan peternakan dilakukan dengan uji organoleptik. Hasilnya, semua pangan dalam kondisi segar dan baik sehingga dapat dipastikan aman.

Eli menambahkan, pengawasan pangan hasil pertanian, produk hewan, dan hasil perikanan tetap rutin dilakukan meskipun di masa pandemi Covid-19. Tujuannya, untuk menjamin keamanan pangan bagi warga Jakarta.

Melalui upaya tersebut diharapkan warga Jakarta tidak perlu khawatir, karena pangan segar yang beredar dan diperdagangkan di wilayah DKI Jakarta dipastikan terawasi dan aman.

"Ini merupakan komitmen yang terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam memastikan keamanan pangan bagi warga Jakarta," tandas Eli.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4840 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3202 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3050 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye3008 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2992 personAnita Karyati