You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pasokan Menurun, Harga Beras Naik 30 Persen
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pasokan Beras ke Jakarta Berkurang

Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta mengakui suplai beras ke ibu kota saat ini menurun. Hal ini dikarenakan di beberapa daerah stok beras juga terbatas.

Kalau pasokan beras kurang, di daerah memang kurang. Jadi penggilingan di daerah pun kosong dua minggu terakhir ini

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Joko Kundaryo membenarkan pasokan beras dari daerah produsen dalam dua pekan terakhir ini berkurang. Setiap harinya pasokan yang masuk ke Jakarta hanya sebanyak 1.000 ton. Jika dalam kondisi normal pasokan beras mencapai 2.500 ton per hari. Padahal kebutuhan beras mencapai 2.000 ton per hari.

"Kalau pasokan beras kurang, di daerah memang kurang. Jadi penggilingan di daerah pun kosong dua minggu terakhir ini," kata Joko, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (25/2).

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras Aman

Dikatakan Joko, stok beras yang ada saat ini cukup untuk 10 hari ke depan. Namun setiap harinya pasokan tetap masuk ke Jakarta, sehingga warga diimbau tidak khawatir dengan ketersediaan beras. Diperkirakan pasokan normal mulai Maret mendatang. "Ini juga beberapa hari terakhir baru terisi dan mulai sudah ada yang panen," katanya.

Kendati demikian, stok beras di ibu kota juga dibantu dengan stok yang dimiliki oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Menurutnya, stok dari Bulog cukup untuk kebutuhan hingga enam bulan ke depan. "Beras dari Bulog masih banyak. Enam bulan ke depan beras cukup. Cuma karena terlihat suplai di Pasar Induk Cipinang berkurang," ucapnya.

Menurut Joko, untuk menekan harga, Bulog juga telah melakukan operasi pasar di beberapa lokasi. Tetapi dirinya belum mendapatkan laporan terkait lokasi operasi pasar yang dilakukan. "Saya belum dapat laporan karena sifatnya direct (langsung) dari Bulog distrik Jakarta," ucapnya.

Berkurangnya pasokan beras ini memang menyebabkan harga beras meroket. Jika sebelumnya harga beras mencapai Rp 8.000 sampai Rp 9.000, kini naik menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personAldi Geri Lumban Tobing