You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Resmikan Masjid Jenderal Sudirman
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Pembangunan Masjid di Balaikota Ditarget Rampung Tahun Ini

Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama meresmikan masjid Jenderal Sudirman yang dibangun di areal kompleks perkantoran World Trade Center (WTC), Jakarta Selatan, Jumat (27/2).

Saya akan bangun masjid juga di balaikota, aneh dong di balaikota nggak ada masjid

Peresmian masjid bergaya modern ini ditandai pengguntingan pita oleh Basuki bersama Tri Sutrisno, mantan Wakil Presiden RI sekaligus Kepala Badan Pembina Yayasan Jenderal Sudirman, Komisaris PT Jakarta Land, Murdaya Poo, dan mantan Wakil Menteri Agama, Nassarudin Umar.

"Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Masjid Jenderal Sudirman ini, saya resmikan," ucap Basuki saat peresmian masjid Jenderal Sudirman, Jumat (27/2).

Rencana Basuki Bangun Masjid di Balaikota Mendapat Dukungan

Dalam sambutannya, Basuki mengungkapkan, Pemprov DKI memiliki rencana memperbaiki masjid di ibu kota. "Masjid adalah tempat yang baik. Di situ, kita bisa mengetahui dan memahami suatu masalah. Makanya, kita ingin masjid-masjid di Jakarta diperbaiki dan ditata lagi," katanya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini berharap lebih banyak lagi perusahaan berpartisipasi untuk membangun fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di ibu kota.

"Memang, sebetulnya aturan kita masih lemah, karena tidak ada ketentuan kapan para pengembang harus melaksanakan kewajiban. Tapi, aturan itu sudah diubah. Makanya, kita harap para pengembang lain segera menunaikan kewajiban," ucapnya.

Basuki juga membeberkan rencana pembangunan masjid di areal Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Sebab, di lingkungan kantor Balaikota DKI saat ini belum memiliki sarana rumah ibadah.

Sehingga jika APBD DKI cair, rencana pembangunan ditargetkan langsung selesai tahun ini.  "Saya akan bangun masjid juga di balaikota, aneh dong di balaikota nggak ada masjid," tambahnya.

Sekadar diketahui masjid Jenderal Sudirman WTC terdiri dari empat lantai dan satu lantai basement yang dibangun di atas tanah seluas 1.336 meter persegi serta luas bangunan mencapai 2.200 meter persegi. Masjid ini dapat menampung sebanyak 2.500 jamaah dan telah dilengkapi dengan seluruh sarana penunjang ibadah.

Pembangunan masjid ini merupakan pemenuhan kewajiban fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum) oleh PT Jakarta Land dengan nilai total tanah dan bangunan mencapai Rp 120 miliar.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1038 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye829 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati