You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Hadapi Musim Hujan, Kampung Tangguh Bencana dan Tim Siaga Bencana Banjir Dibentuk di Semper Barat
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Kelurahan Semper Barat Bentuk Kampung Tangguh Bencana

Untuk menghadapi musim hujan sekaligus mengantisipasi terjadinya banjir, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara membentuk Kampung Tangguh Bencana dan Tim Siaga Bencana Banjir di RW 01 dan 04.

Tapi kesiapan yang kami lakukan salah satunya sudah membentuk Kampung Tangguh Bencana

"Tentu kami berharap tidak ada banjir di tahun 2021 di wilayah kami. Tapi kesiapan yang kami lakukan salah satunya sudah membentuk Kampung Tangguh Bencana. Kami juga sudah menentukan titik-titik lokasi pengungsian dengan posko-posko kesehatan di mana kapasitasnya di bawah 50 persen, lalu kami siapkan juga tempat cuci tangan," ujar Benhard Sihotang, Lurah Semper Barat, Rabu (20/1).

Dikatakan Benhard, di Kampung Tangguh Bencana, telah disiapkan dapur umum serta SOP jika terjadi banjir termasuk evakuasi terhadap warga telah disosialisasikan kepada warga.

Pengawasan Protokol Kesehatan di Semper Barat Ditingkatkan

"Untuk RW lainnya juga sudah kami sampaikan dan bila kami mendapatkan update dan informasi dari BMKG atau BPBD kita sudah membentuk grup WhatsApp untuk menyampaikan informasi dengan harapan masing-masing bagian bisa menyampaikan ke warga," katanya.

Tak hanya itu, sambung Benhard, pihaknya juga membentuk Tim Siaga Bencana Banjir. Tim ini berjumlah 20 personel di masing-masing RW 01 dan RW 04 yang terdiri dari unsur RT, PKK, dan Karang Taruna. Tugas yang dilakukan antara lain membuka dapur umum untuk melayani pengungsi, melakukan pendataan masyarakat mulai dari data balita hingga lansia, hingga berkoordinasi dengan pemilik tempat atau lahan yang dapat dijadikan lokasi pengungsian.

"Karena sekarang sedang pandemi COVID-19, ada juga yang berkoordinasi dengan puskesmas khawatir warga yang sedang isolasi mandiri tiba-tiba rumahnya kebanjiran untuk kemudian nanti diarahkan ke mana. Yang terpenting pembentukan Tim Siaga Bencana Banjir sudah memiliki rencana aksi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3029 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2946 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2928 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2886 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2704 personAldi Geri Lumban Tobing