You don't have javascript enabled. Good luck with that.
60 Kilogram Bawang Merah Dipanen di BPP Sukapura

60 Kilogram Bawang Merah Dipanen di BPP Sukapura


Reporter: Rezki Apriliya Iskandar
Editor: Toni Riyanto

9 Februari 2021 17:58 WIB | Dibaca 702 X
Sebanyak 60 kilogram bawang merah berhasil dipanen di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sukapura, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, bawang merah tersebut dipanen dari area tanam seluas 500 meter persegi.

"Luas lahan BPP Sukapura itu 2,08 hektare, tapi yang kita tanam bawang merah itu sekitar 500 meter persegi," ujarnya, Selasa (9/2).

Unang menjelaskan, bawang merah ini dipanen lebih awal sekitar 50 hari masa tanam dikarenakan kondisi cuaca yang kurang mendukung.

"Idealnya itu umurnya 60 hari. Alhamdulillah walaupun cuaca kurang mendukung tetapi untuk langkah awal ini hasilnya sudah cukup bagus. Ini akan kita gunakan sebagai bibit," terangnya

Menurutnya, kegiatan panen bawang merah ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang pertanian perkotaan. Walaupun dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas tapi hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Bawang merah termasuk salah satu komoditas yang banyak dibutuhkan, termasuk cabai dan sebagainya. Cukup menjanjikan dan bisa menjadi sumber penghasilan," ungkapnya.

Ia menambahkan, BPP Sukapura akan melakukan panen cabai rawit pada Maret mendatang.

"Selanjutnya kami juga akan memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam melon, timun suri dan blewah agar bisa dipanen saat bulan puasa," tandasnya.