You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Genangan di Cipinang Melayu Sudah Surut

Genangan di Cipinang Melayu Sudah Surut


Reporter: Nurito
Editor: Budhy Tristanto

16 Februari 2021 15:29 WIB | Dibaca 1915 X

Genangan di pemukiman warga RW 02 dan 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, yang terjadi sejak pukul pukul 01.40 dinihari, surut pada pukul 12.00.  

Lurah Cipinang Melayu, Agus Sulaeman menuturkan, untuk menangani genangan ini dikerahkan tujuh unit pompa yang terdiri dari dua unit pompa apung dari Sudin Gulkarmat, tiga unit pompa apung Sudin SDA dan dua pompa mobile Sudin SDA.  

"Ada tujuh unit pompa yang dikerahkan untuk mengatasi genangan di pemukiman warga RW 02 dan 03 Cipinang Melayu ini,” papar Agus, Selasa (16/2).

Menurut Agus, lokasi genangan yang terjadi saat ini berbeda dengan yang ditinjau oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan jajarannya pada pekan lalu. Wilayah RW 04 dan 03 yang ditinjau gubernur, sejauh ini sudah aman dari banjir karena kondisi Kali Sunter tidak meluap seperti terjadi sebelumnya.

“Genangan di RW 02 itu bukan disebabkan naiknya Kali Sunter namun akibat limpasan air dari Waduk Halim Perdanakusuma ke saluran penghubung Sulaeman. Namun genangan tersebut saat ini sudah surut berkat kolaborasi sejumlah Satgas gabungan dari unit terkait,” beber Agus.

Selain mengerahkan tujuh unit pompa, jelas Agus, penanganan genangan di wilayah RW 02 ini juga melibatkan 12 personel PPSU, Satgas SDA 15 personel, Sudin Gulkarmat empat personel, Satpol PP empat personel dan sembilan Satgas BPBD.

"12 PPSU kita masih kerahkan untuk membersihkan sampah dan lumpur sisa genangan,” lanjut Agus.


Ketua RW 02 Cipinang Melayu, Marhasan, mengapresiasi petugas gabungan yang bergerak cepat melakukan penanganan genangan bersama warga.


"Personel gabungan bergerak cepat melakukan penanganan. Warga sangat berterimakasih dan mengapresiasi kerja keras personel gabungan dalam penanganan genangan di wilayah kami,” ucap Marhasan.