You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Embung Rawa Malang Ditargetkan Rampung Akhir Mei
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

Pembuatan Embung Rawa Malang Capai 40 Persen

Pembuatan Embung Rawa Malang di Jl Cakung Cilincing Drainase Kampung Sawah, RT 10/11 Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, terus dikebut pengerjaannya. Pembuatan embung yang bertujuan menanggulangi genangan di kawasan sekitar tersebut saat ini sudah mencapai 40 persen.

Nantinya masyarakat bisa berwisata, berolahraga dan aktivitas lainnya,

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan mengatakan, pengerjaan pembuatan Embung Rawa Malang sudah dilakukan sejak 4 November 2020 dan ditargetkan rampung pada akhir Mei 2021.

"Saat ini masih 40 persen progresnya karena terkendala adanya pembangunan tiang pancang Jalan Tol Cibitung - Cilincing. Area pembangunan Embung Rawa Malang itu hampir seperempatnya kena irisan pengerjaan Tol Cibitung-Cilincing oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Namun, kami terus berkoordinasi dengan pihak Waskita terkait solusinya," ujar Tjahyono, Kamis (25/3).

Saluran di Jalan Cakung Cilincing Raya Dikeruk

Dikatakan Tjahyono, pembangunan Embung Rawa Malang dikerjakan di lahan seluas 4,5 hektare milik Dinas SDA DKI Jakarta. Embung tersebut rencananya dibangun dengan kedalaman sekitar enam meter dengan tinggi DAM sekitar 1,5 meter.

"Kami kerjakan menggunakan alat berat seperti satu unit Amphibi XM 22 dan satu unit ekskavator. Sebanyak delaan personel Satpel SDA Cilincing dikerahkan dalam pengerjaan ini," katanya.

Ia mengungkapkan, pembangunan Embung Rawa Malang bertujuan menanggulangi genangan di kawasan sekitar terutama saat musim hujan.

"Setelah pembuatan embung ini rampung kami berharap persoalan genangan di kawasan tersebut dapat diminimalisir karena aliran airnya masuk ke area embung," ucapnya.

Tak hanya menjadi sistem pengendali banjir, keberadaan embung juga berfungsi sebagai tampungan air untuk meningkatkan sumber air tanah di kawasan sekitar. Embung Rawa Malang juga dirancang menjadi salah satu spot ekowisata di kawasan Jakarta Utara.

"Nantinya masyarakat bisa berwisata, berolahraga dan aktivitas lainnya. Tidak jauh dari lokasi juga terdapat Hutan Kota Rawa Malang. Jadi fasilitasnya semakin lengkap," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye3054 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye2638 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2483 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye2406 personNurito
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2382 personTP Moan Simanjuntak