You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lanjutkan Roadshow Sahabat Media Edukasikan KIP, KI Provinsi DKI Jakarta Kunjungi MNC Trijaya
.
photo Yudha Peta Ogara - Beritajakarta.id

KI Provinsi DKI Lanjutkan Roadshow Sahabat Media Edukasikan KIP

Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta melakukan Roadshow Sahabat Media Edukasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Kali ini rombongan mengunjungi MNC Trijaya di MNC Tower, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat.

KI butuh peran media sebagai jembatan informasi,

Pada kesempatan itu, para anggota KI Provinsi DKI Jakarta mengutarakan peran lembaga dan klasifikasi informasi publik menyangkut kepentingan masyarakat dan badan publik. Selain itu menyampaikan proses sengketa informasi publik.

Ketua KI Provinsi DKI Jakarta, Harry Ara menyampaikan, media sebagai aktor eksternal dalam membumikan informasi publik. Kemudian meyakinkan publik akan manfaat dan dampak keterbukaan informasi publik. Dengan demikian masyarakat tidak hanya menjadi objek tapi juga subjek dalam pelaksanaan keterbukaan informasi.

KI DKI Jalankan Misi Keterbukaan Informasi Bersama KPU DKI

"KI butuh peran media sebagai jembatan informasi. Media adalah mitra kami untuk bersama menyosialisasilan informasi kepada masyarakat," ujar Harry dalam keterangan tertulis yang diterima Beritajakarta.id, Rabu (7/4).

Ia melanjutkan, dalam pengelolaan informasi publik sering kali terjadi sengketa dikarenakan ada pemohon informasi mengajukan keberatan kepada KI. Sengketa informasi disesuaikan dengan wewenang dalam sekup wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"100 hari kerja, kami tuntaskan 23 perkara sengketa informasi. Di mana satu perkara bisa lima sampai delapan kali sidang, kita efisiensi dengan komitmen dan dilaksanakan secara marathon sesuai target," katanya.

Arya Sandhiyudha, komisioner penyelesaian sengketa informasi KI Provinsi DKI Jakarta menambahkan, kunci keberhasilan transparansi adalah membuka akses informasi seluas mungkin bagi masyarakat.

"Bicara transparansi, bukan hanya soal badan publik atau pemerintah yang mendapatkan anggaran/dana APBD, tetapi juga hasil sumbangan masyarakat," ucapnya.

Dalam kunjungan itu juga didiskusikan permasalahan publik yang begitu erat dengan keterbukaan informasi publik.

"Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa ternyata KIP sangat dekat dengan permasalahan keseharian, kunjungan ini pencerahan dan edukasi," ujar Riza, senior Vice President MNC Network.

Pada kesempatan itu, turut mendampingi Ketua KI Provinsi DKI Jakarta, Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi (A.S.E), Aang Muhdi Godzali; dan Komisioner Kelembagaan, Nelvia Gustina.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8063 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3138 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2924 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2865 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2851 personAldi Geri Lumban Tobing