You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Puluhan Warga Pulau Kelapa Datangi Layanan Kesehatan Gratis Klinik Apung

Layanan Kesehatan Gratis Klinik Apung di Pulau Kelapa Diminati


Reporter: Suparni
Editor: Toni Riyanto

8 April 2021 11:25 WIB | Dibaca 475 X

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu berkolaborasi dengan PT Kimia Farma dan Badan Wakaf Al-Quran (BWA memberikan layanan kesehatan gratis Klinik Apung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Nyiur Melambai, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Camat Kepulauan Seribu Utara, Ismail mengatakan, pelayanan pengobatan gratis Klinik Apung sedianya digelar di atas kapal. Namun, karena kondisi cuaca pelayanan pengobatan gratis dialihkan ke lapangan futsal RPTRA Nyiur Melambai agar memudahkan warga, terutama lansia untuk berobat.

"Layanan kesehatan gratis ini meliputi pengobatan umum dan nyeri pada tulang atau sendi. Terima kasih PT Kimia Farma dan BWA," ujarnya, saat membuka pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis Klinik Apung, Kamis (8/4).

Sementara itu, Ketua Panitia Klinik Apung, Achmad Mufrodi menuturkan, hingga pukul 09.30 WIB sudah ada 50 warga yang datang memeriksakan kondisi kesehatannya.

"Alhamdulillah, sejauh ini berjalan lancar. Warga tertib mengantre dan mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Ia menambahkan, layanan hari ini merupakan program lanjutan yang sudah direalisasikan Desember lalu di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Selain layanan kesehatan kita juga sosialisasi penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta penerapan protokol kesehatan, khususnya kepada ibu hamil," terangnya.

Sementara itu, Ketua RW 04 kelurahan Pulau Kelapa, Khairul Waroh mengapresiasi layanan kesehatan gratis untuk warga dengan mekanisme sistem jemput bola tersebut.

"Layanan kesehatan gratis ini sangat membantu warga," tandasnya.