You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Pendidikan Adakan Lomba Adzan dan MTQ Secara Daring
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas Pendidikan Adakan Lomba Adzan dan MTQ Secara Daring

Kegiatan yang bermanfaat

Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengadakan Lomba Adzan dan Lomba MTQ Online dalam rangka Ramadan Ceria Tahun 2021 mulai 19-26 April.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Heni Nurhayani mengatakan, lomba ini bertujuan memberikan motivasi dan apresiasi kepada peserta didik yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dan adzan.

30 Siswa SDN Kalisari 03 Ikut Wisata Literasi Secara Daring

"Lomba Adzan dan MTQ Online ini dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat," ujarnya, Kamis (22/4).

Menurutnya, dalam masa pandemi COVID-19, lomba-lomba ini sekaligus dapat mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dan pelaksanaan ibadah.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan peserta didik," terangnya.

Heni menjelaskan, untuk ketentuan lomba Adzan yakni, peserta lomba adalah peserta didik kelas 4 dan 5 SD/Paket A; lomba berbentuk video diambil dalam landscape dikirimkan ke Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) wilayah masing-masing.

Kemudian, video tidak diedit, gambar dan suara jernih, menghadap kamera, awal adzan nampak penuh satu badan, dimulai adzan nampak setengah badan atas; serta lomba dilakukan dalam dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

"Video adzan bisa dikirimkan ke tautan bit.ly/seleksiAdzanDKI2021 paling lambat 21 April 2021. Lomba Adzan penilaiannya makhroji/tajwid, irama/lagu, penjiwaan, adab/pakaian," urainya.

Ia menambahkan, untuk kentuan Lomba MTQ Online yaitu, terbuka bagi SMP/Paket B Negeri/Swasta (kelas VII dan VIII) dan SMA/SMK N/S (kelas X dan XI) dan PKBM N/S Paket C; tiap sekolah maksimal satu putra dan satu putri; dan membawakan QS. Al-Baqarah Ayat 183 sampai dengan 186

Selanjutnya, durasi video maksimal lima menit; audio dan video murni, tanpa edit, tanpa efek; identitas file asal sekolah_kategori_nama peserta; dan pakaian seragam muslim sekolah masing-masing

"Peserta dapat mengunggah video ke tautan bit.ly/mtqsmppaketBdisdik (SMP/Paket B), dan bit.ly/mtqdikmendisdik (jenjang SMA/SMK/PKBM Paket C). Penilaian Lomba MTQ Online mencakup fasohah, tajwid, lagu dan adab," tandasnya.

Untuk diketahui, para juara lomba setiap kategori akan diumumkan pada 6 Mei 2021 secara online melalui website disdik.jakarta.go.id dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa piala dan sertifikat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8157 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3232 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3020 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2960 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye2946 personAldi Geri Lumban Tobing