You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kebudayaan Lakukan Wasdal Eskavasi Arkeologi di Jalan Tongkol
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas Kebudayaan Lakukan Wasdal Eskavasi Arkeologi di Jalan Tongkol

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta melakukan pengawasan dan pengendalian (wasdal) terhadap proses ekskavasi arkeologi lahan di Jalan Tongkol, Nomor 10, Ancol, Jakarta Utara.

Penelitian serta pengembangan cagar budaya

Ekskavasi dilakukan untuk melindungi cagar budaya Kasteel Batavia berkaitan dengan rencana pembangunan Rusun Kampung Tongkol oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP).

Kepala Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Linda Enriany mengatakan, pembangunan Rusun Kampung Tongkol berada di kawasan cagar budaya. Sehingga, diperlukan kajian dengan melakukan kegiatan ekskavasi arkeologi.

Taman Arkeologi Onrust Sudah Dibuka Lagi

Linda menjelaskan, tujuan ekskavasi untuk memastikan ada atau tidak adanya temuan di atas lahan tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 86 Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya bahwa pemanfaatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan, wajib didahului dengan kajian, penelitian, juga analisis mengenai dampak lingkungan.

"Pemerintah daerah melalui tingkatannya mempunyai tugas dan wewenang dalam menyelenggarakan penelitian pengembangan cagar budaya. Upaya penelitian ini sangat dibutuhkan agar pembangunan tidak mengabaikan nilai sejarah yang ada di lokasi tersebut," ujarnya, Selasa (27/4).

Linda mengatakan, ekskavasi dilakukan oleh Dinas PRKP DKI Jakarta bekerjasama dengan Tim Ekskavasi Arkeologi dari Universitas Indonesia. Teknisnya, penggalian dilakukan di beberapa titik yang diduga terdapat peninggalan struktur Kasteel Batavia.

"Setelah ini dilakukan, hasilnya akan dikaji oleh Tim Ahli Cagar Budaya dan direkomendasikan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam rangka perlindungan terhadap Kasteel Batavia ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5919 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3019 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2931 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2875 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2564 personNurito