You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
JAKI Masuk TOP 5 Kategori E-Governmnet dalam Kompetisi Dunia WSIS Prizes 2021
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

JAKI Masuk TOP 5 Kategori E-Government dalam Kompetisi Dunia WSIS Prizes 2021

Jakarta kembali membawa berita membanggakan dari World Summit on Information Society (WSIS) Prizes 2021. Setelah Maret lalu terpilih sebagai nominasi untuk kategori AL C7 E-Government, JAKI (Jakarta Kini), super-app milik Pemprov DKI Jakarta, berhasil meraih gelar Champion Project dan melaju ke tahap akhir.

Terima kasih kepada warga Jakarta yang telah mendukung JAKI

Gelar ini disematkan untuk lima proyek terbaik pada tiap kategori yang telah lolos penilaian dan mendapat dukungan terbanyak pada voting daring. Saat ini, JAKI dan empat proyek lainnya sedang dalam penilaian tahap terakhir oleh para juri untuk penentuan Winning Project sekaligus peraih Gold Medal.

Keberhasilan JAKI tak lepas dari dukungan warga Jakarta yang telah memberikan dukungan penuhnya. Keberhasilan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab lebih bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan beraktivitas bagi warga, dengan menyediakan layanan terintegrasi dalam satu aplikasi.

Dinas KPKP Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Yudhistira Nugraha, selaku Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City, mengungkapkan, "Kami sangat berterima kasih kepada warga Jakarta yang telah mendukung JAKI. Pencapaian ini menjadi dorongan Jakarta Smart City untuk terus mengembangkan JAKI agar dapat menjadi super-app andalan warga Jakarta," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Proses Penjurian WSIS Prizes 2021

Sebagai ajang penghargaan tahunan berskala global, WSIS Prizes 2021 tentu tidak main-main dalam melakukan seleksi. Terdapat  lima tahap penjurian yang harus dilalui oleh para nominasi, termasuk JAKI, yakni: 

Tahap Pertama: Pengajuan Proyek;

Tahap Kedua: Tinjauan Proyek oleh Pakar TIK;

Tahap Ketiga: Voting Publik secara Daring;

Tahap Keempat: Pemilihan Proyek-Proyek Juara;

Tahap Kelima: Pengumuman Pemenang pada acara WSIS Prizes 2021 di WSIS Forum 2021.

Saat ini, JAKI telah lolos ke tahap empat. Pencapaian ini tak diraih dengan mudah. Berbagai uji kompetensi dalam empat tahapan telah dilalui JAKI. Pada tahap pertama, JAKI diajukan Pemprov DKI Jakarta ke ajang WSIS Prizes 2021. Kemudian, pada tahap kedua, JAKI dinilai oleh pakar TIK, sebelum akhirnya dapat lolos sebagai salah satu dari 20 nominasi proyek pada kategori AL C7 E-Government. Setelah itu, tahap ketiga mengharuskan JAKI untuk mendapat dukungan sebanyak-banyaknya dari publik melalui voting daring. 

Tidak cukup sampai di situ, pada tahap keempat, JAKI masih harus melalui penilaian mendalam dari para pakar TIK (Teknologi Informasi Komunikasi), bersaing dengan empat proyek lain yang memiliki voting tertinggi pada kategori yang sama. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan skala dan dampak proyek terhadap pelaksanaan hasil WSIS serta kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan (sustainable development). 

Hingga kini, penilaian masih berlangsung. Namun, warga Jakarta patut berbangga karena JAKI telah berada pada tahap seleksi akhir dan masuk sebagai Top 5 Kategori e-Government. Pemenang dari tiap kategori WSIS akan diumumkan di acara puncak pada 18 Mei 2021 mendatang. Menunggu momen itu tiba, mari terus pantau dan dukung JAKI dalam ajang bergengsi ini. 

Dukung JAKI Sebagai Perwakilan Indonesia

Penilaian pada tahap terakhir penjurian WSIS Prizes 2021 memang tak melibatkan partisipasi langsung dari masyarakat. Namun, kita sebagai warga Jakarta tetap bisa memberi dukungan dengan terus menggunakan aplikasi JAKI. Dengan menggunakan JAKI, kamu tak hanya bisa mendukung perwakilan Indonesia di WSIS, tapi kamu pun akan diuntungkan dengan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi serta layanan Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi JAKI dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store. 

Tentang Jakarta Smart City

Jakarta Smart City merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di bawah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta. Jakarta Smart City bertujuan untuk membantu Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Ekosistem Kota Cerdas 4.0 melalui pemanfaatan teknologi dan kolaborasi.

Kunjungi web JSC untuk informasi lebih lanjut: smartcity.jakarta.go.id dan artikel mengenai WSIS Prizes 2021: smartcity.jakarta.go.id/blog/671/wsis-prizes-2021-jakarta-di-tengah-kompetisi-tingkat-dunia 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11409 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4136 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye3998 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye3993 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye3899 personFolmer