You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Novita Dewi Sukses Bawa Jakarta Experience Board dari Perusahaan Merugi Jadi Untung
....
photo doc - Beritajakarta.id

Novita Dewi Sukses Bawa Jakarta Experience Board dari Perusahaan Merugi Jadi Untung

JXB juga merambah sektor pariwisata

Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) yang membawa branding baru Jakarta Experience Board (JXB), Novita Dewi berhasil membawa perusahaan mencatatkan kinerja positif, dari perusahaan yang merugi puluhan miliar menjadi untung.

Joint Venture JXB Bakal Jadikan Kota Tua-Sunda Kelapa Destinasi Wisata Berkelas Dunia

Novita mengatakan, sejumlah langkah strategis dilakukan untuk membawa perubahan agar revenue perusahaan meningkat dengan menerapkan good corporate governance (GCG).

"Kami melakukan transformasi dan rebranding. Pembenahan dilakukan dari sisi bisnis, tata kelola hingga sumber daya manusia. Alhamdulillah, meski di saat pandemi COVID-19 kami justru berhasil meraih keuntungan," ujarnya, Jumat (30/4).

Novita menjelaskan, perusahaan juga berhasil melakukan efisiensi-efisiensi. Sehingga, neraca keuangan perusahaan terus membaik.

"Saat awal saya menjabat ada 540 karyawan dengan 60 persen di antaranya mendekati usia pensiun. Kami memberikan opsi pensiun dini terhadap 118 orang hingga terjadi efisiensi mencapai sekitar Rp 700 juta per bulan," ungkapnya.

Menurutnya, JXB juga terus melakukan ekspansi bisnis di luar usaha pengelolaan tujuh unit hotel. JXB menjadi pionir dalam new normal business dengan membuat Drive-in Concert dan Drive-in Cinema menjadi konser dan pemutaran film pertama dengan konsep drive-in di Jakarta.

"Tidak hanya hotel, JXB juga merambah sektor pariwisata lainnya. Terbaru, kami baru saja melakukan Head of Agreement dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) untuk merevitalisasi dan mengembangkan kawasan wisata Kota Tua-Sunda Kelapa menjadi kawasan wisata berkelas dunia,"urainya.

Ia menuturkan, JXB diberikan kepercayaan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menyiapkan akomodasi bagi tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19 di Jakarta. Setahun ini, JXB telah mengakomodasi 2.132 nakes yang menginap di enam unit hotel.

"Program pelayanan Nakes merupakan kolaborasi yang terjalin antara JXB, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, PT Transjakarta serta didukung oleh perusahaan swasta maupun masyarakat melalui berbagai donasi," bebernya.

Sementara itu, Direktur Administrasi dan Keuangan JXB, Zulfarshah menambahkan, pada tahun 2019 kinerja keuangan perusahaan defisit atau merugi hingga mencapai Rp 21 miliar.

"Alhamdulillah, di tahun 2020 kita sudah mencatatkan keuntungan dengan jumlah sebesar Rp 2,7 miliar. Pada semester pertama 2021 juga tumbuh positif. Kita akan terus mengembangkan bisnis agar sustainable," ucapnya.

Tidak kalah penting, sambung Zulfarshah, perusahaan juga berhasil menyelesaikan tunggakan sejak tahun 2017 untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) unit-unit usaha.

"Ada dua unit usaha yang sudah kita lunasi secara keseluruhan tunggakan PBB-P2 yang nilainya mencapai Rp 6,2 miliar," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye6583 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5065 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4825 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4689 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4687 personAnita Karyati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved