You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin SDA Sosialisasikan Pembangunan Saluran Air di RPTRA Dahlia
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Rencana Pembangunan Saluran di Jl SMPN 126 Disosialisasikan

Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur mensosialisasikan rencana pembangunan saluran air sepanjang 473 meter di Jl SMPN 126 Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Senin (3/5).

Kondisi saluran memang perlu dinormalisasi agar bisa menampung debit air 

Sosialisasi yang dilaksanakan di RPTRA Dahlia ini dihadiri 30 peserta dari perwakilan pengurus RT/RW, LMK, FKDM, Dewan Kota, Satpol PP, Sudin SDA, kontraktor, pengawas dan Bimaspol.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, sosialisasi dilakukan agar saat pekerjaan berlangsung warga tidak kaget.  Apalagi di lokasi tersebut ada empat bangunan yang berada di atas saluran air, sehingga harus dibicarakan terlebih dulu dengan pemiliknya sebelum dilakukan pembangunan.

Sudin SDA Jaktim akan Bangun Delapan Saluran Air

"Walau pembangunan saluran ini merupakan usulan warga melalui Musrenbang, namun sosialisasi ini perlu dilakukan agar saat pelaksanaan pembangunan warga tidak kaget," kata Saugi.

Menurutnya, pembangunan saluran air diperkirakan akan dimulai pada 27 Mei mendatang dengan waktu pengerjaan kurang lebih tiga bulan. Di lokasi ini saluran air akan dipasangi beton U Ditch berukuran 80x80 sentimeter dan box culvert berukuran 100x100 sentimeter.

Lurah Tengah, Tarmiji menjelaskan, kondisi eksisting saluran air yang ada kondisinya tidak sesuai standar. Ada yang kedalamannya 40 sentimeter, 60 sentimeter bahkan ada yang 30 sentimeter. Sehingga saat hujan deras sering menimbulkan genangan dengan kedalaman sekitar 70 sentimeter di jalan.

Dia menjelaskan, dari total panjang saluran air sekitar 900 meter yang disetujui untuk dinormalisasi sepanjang 473 meter. Diharapkan sisanya dikerjakan kembali pada tahun berikutnya.

"Kondisi saluran memang perlu dinormalisasi agar bisa menampung debit air tinggi dan tidak memicu timbulnya genangan saat hujan deras," kata Tarmiji.

Ketua RW 03 Kelurahan Tengah, Muhammad Iji, mengapresiasi pengerjaan saluran ini. Menurutnya, warga sudah lama berharap saluran yang ada segera dinormalisasi karena kerap memicu timbulnya genangan.

"Warga mengucapkan terimakasih karena usulan pembangunan saluran air telah disetujui. Mudah-mudahan ini dapat mengatasi genangan yang sering terjadi di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye5170 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye5011 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4419 personNurito
  4. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4302 personTP Moan Simanjuntak
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye4130 personTP Moan Simanjuntak