You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Awali Hari Peringatan Lingkungan Hidup, Gubernur Anies Tanam Bambu di Hutan Kota Sangga Buana
....
photo Yudha Peta Ogara - Beritajakarta.id

Awali Hari Peringatan Lingkungan Hidup, Gubernur Anies Tanam Bambu di Hutan Kota Sangga Buana

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengawali rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam bambu bersama pegiat lingkungan, Babe Idin,  Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI); dan Kerukunan Tani Perkotaan, di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Sabtu (5/6).

Kopi yang sudah ditanam di sini dan akan menjadi tanaman yang produktif,

Gubernur Anies menyampaikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan Babe Idin dan para pegiat lingkungan lain yang melakukan konservasi ekosistem sungai di Jakarta. Sehingga inisiatif ini dapat dijadikan referensi untuk dilakukan juga di bantaran sungai lain. Terlebih Jakarta merupakan kota yang dilewati aliran sungai alami terbanyak di Indonesia.

“Pagi ini saya mampir ke tempatnya Babe Idin. Babe ini sudah melakukan konservasi menjaga lingkungan alam di sekitar Kali Pesanggrahan dan bisa jadi percontohan. Tadi kami menanam bambu dan rempah kayu manis,” terang Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Tebar Ikan di RPTRA Payung Tunas Teratai Warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup

“Saya ingin sampaikan apresiasi dan kita di Jakarta ini membutuhkan contoh dan praktik baik yang bisa dijadikan rujukan terkait upaya konservasi ekosistem. Jadi kita berharap jika masyarakat Jakarta ingin melihat bagaimana sebuah kawasan hijau natural di tepi kanan kiri sungai, ini adalah contohnya,” tambahnya.

Selain menanam bambu, Gubernur Anies juga meninjau Hutan Kota Sangga Buana yang juga telah ditanami berbagai macam tanaman yang memiliki nilai ekonomi, seperti kopi, sukun, berbagai tanaman rempah, hingga menjadi sarang untuk lebah. Diharapkan tanaman-tanaman ini menjadi komoditas yang akan membantu perekonomian masyarakat di bantaran sungai.

“Lalu ada usulan menarik terkait pilihan tanaman yang cocok ditanam di sekitar sungai yang memiliki fungsi mempertahankan ekosistem dan menghasilkan nilai ekonomi, misalnya kopi yang sudah ditanam di sini dan akan menjadi tanaman yang produktif,” jelas Gubernur Anies.

Sementara itu, Idin menjelaskan pilihan untuk menanam bambu karena pohon bambu merupakan tanaman perintis, baik dalam mengabsorbsi air, mudah beradaptasi di lingkungan basah dan memperbaiki struktur tanah, serta dapat tumbuh di lahan curam.

“Selain itu bambu juga pertumbuhannya relatif cepat, bambu yang kita tanam sekarang saja hanya butuh dua tahun untuk tumbuh besar, terlebih bambu juga menghasilkan oksigen 35 persen lebih cepat dalam fotosintesis,” tandas pria yang memiliki nama lengkap Chaerudin itu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4444 personTiyo Surya Sakti
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Hingga Turun Hujan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3813 personAnita Karyati
  3. Satgas SDA Kembali Kuras Genangan di Cibubur

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3629 personNurito
  4. Kebakaran Ruko di Jalan Mampang Prapatan Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3615 personTiyo Surya Sakti
  5. Satpol PP Kecamatan Cilincing Berhasil Bersihkan 10 Kilogram Ranjau Paku

    access_time19-04-2024 remove_red_eye3568 personAnita Karyati