You don't have javascript enabled. Good luck with that.
20 Kg Ikan Lele Dipanen di RPTRA Sunter Jaya Berseri

RPTRA Sunter Jaya Berseri Panen Ikan Lele Sangkuriang


Reporter: Rezki Apriliya Iskandar
Editor: Erikyanri Maulana

9 Juni 2021 16:06 WIB | Dibaca 441 X
Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sunter Jaya Berseri di Jl Bentengan VI No 1, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, berhasil memanen 20 kilogram ikan lele jenis sangkuriang.

Koordinator RPTRA Sunter Jaya Berseri, Fikri Ulum mengatakan, ikan lele yang dipanen merupakan hasil budi daya para pengelola RPTRA Sunter Jaya Berseri yang berjumlah enam orang. Menurutnya, budi daya ikan lele sangkuriang dinilai lebih murah dan sederhana dibandingkan ikan lele jenis lainnya.

"Di sini kami membudidayakan lele jenis sangkuriang. Bibit lele sangkuriang ini dikenal lebih unggul, pertumbuhannya cepat, bertelur banyak, produksinya tinggi, daya tahan tubuhnya juga lebih kuat (tahan penyakit)," ujarnya, Rabu (9/6).

Ia menjelaskan, mulai proses penebaran benih hingga panen memakan waktu kurang lebih 2,5 bulan. Budi daya ikan lele dilakukan di kolam gizi yang ada RPTRA Sunter Jaya Berseri.

"Budi daya ini murni hasil swadaya para pengelola RPTRA Sunter Jaya Berseri. Ada dua kolam gizi yang dipakai. Satu untuk tempat pembenihan dan pengembangbiakkan. Satu lagi untuk lele yang siap dipanen. Sebelumnya kita sebar benih sekitar 1.025 benih lele," tuturnya.

Selanjutnya, sambung Fikri, hasil panen ikan lele dijual ke ibu-ibu kader PKK, pegawai Kelurahan Sunter Jaya, dan warga sekitar. Ikan lele dijual dengan harga Rp 23 ribu perkilogram.

"Alhamdulillah respons masyarakat bagus. Banyak warga yang menghubungi untuk memesan. Kalau ada masyarakat, kader PKK atau Dasawisma juga yang mau beli bisa hubungi kami atau datang langsung ke RPTRA Sunter Jaya Berseri," tandasnya.