You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kemarau, Kelompok Tani Taruna Jaya Justeru Panen Raya
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kemarau, Kelompok Tani Taruna Jaya Panen Raya

Di tengah musim kemarau, Kelompok Tani Taruna Jaya di RT 08/06, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih melakukan panen raya, Rabu (12/8). Berbagai jenis sayuran dihasilkan dari kelompok tani yang memiliki 20 anggota ini.

Bahkan kita juga panen lele sebanyak 7 kuintal. Lele itu oleh petani dijual ke pedagang seharga Rp 16 ribuan per kilogram

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Mulyadi mengatakan, dengan adanya panen raya ini menunjukkan bahwa lahan pertanian di ibu kota masih subur walau kemarau.

Di lahan seluas sekitar 400 meter persegi ini, kelompok tani binaannya berhasil memanen berbagai sayur mayur. Di antaranya kangkung, bayam, kucai, selada, sawi, saledri. Tak hanya itu, berbagai seperti markisa, melon, jeruk dan lainnya juga ikut dipanen.

33 Hektare Sawah di Jakbar Siap Panen

"Bahkan, kita juga panen lele sebanyak 7 kuintal. Lele itu oleh petani dijual ke pedagang seharga Rp 16 ribuan per kilogram," ujar Mulyadi.

Pihaknya, lanjut Mulyadi, akan terus melakukan pembinaan agar petani dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panennya. Kelommpok tani ini sudah beraktivitas sejak 3 tahun lalu. Lahan yang dijadikan ladang pertanian adalah lahan tidur milik PT Jaya Lintas.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Taruna Jaya, Zulhamsyah mengaku senang dengan adanya lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian. Sebab, dengan adanya lahan maka masyarakat dapat bercocok tanam dan panen raya. Hasilnya bisa digunakan untuk menambah memenuhi kebutuhan hidup rumah tangganya.

"Kebanyakan anggota kami ini kaum wanita. Mereka sangat senang karena bisa beraktifitas sekaligus mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhan hidup," ujar Zulhamsyah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11790 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4525 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4391 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4382 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4283 personFolmer