You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ada Meteran Listrik Dipagar, Mangara Tegur Kepala Pasar Cempaka Putih
Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede dibuat emosi saat melakukan sidak di Jalan Cempaka Putih Barat III, persis di depan Pasar Jaya Cempaka .
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Instalasi Listrik Pasar Tradisional Diminta Dicek Berkala

Kasus kebakaran yang disebabkan kosrleting listrik mendominasi penyebab kebakaran di ibu kota. Untuk mengantisipasi kasus tersebut, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede meminta kepada PD Pasar Jaya agar melakukan pengecekan seluruh instalasi listrik di semua pasar secara berkala. Permintaan ini dilakukan setelah peristiwa kebakaran di Pasar Blok G, Tanah Abang, Rabu (18/3) kemarin, yang diduga bersumber dari korsleting listrik.

Gedung itu ternyata tidak pernah diganti instalasi listriknya sejak dipasang tahun 1987, jadi bukan tidak mungkin peristiwa serupa bisa kembali lagi terjadi

“Gedung itu ternyata tidak pernah diganti instalasi listriknya sejak dipasang tahun 1987, jadi bukan tidak mungkin peristiwa serupa bisa kembali lagi terjadi,” ujarnya saat ditemui di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/3).

Pemeriksaan instalasi listrik secara berkala menurutnya sangat diperlukan agar hal serupa tidak terulang kembali. Idealnya instalasi listrik harus diperiksa berkala sekitar 10 tahun sekali.

Pasar Jaya Siap Perluas Areal Parkir Blok G

“Harusnya ini sudah menjadi warning bagi Pasar Jaya agar langsung melakukan pengecekan menyeluruh. Jika memang ada yang membahayakan segera dilakukan pergantian,” pintanya.

Terkait hal itu, Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun mengatakan, pihak pasar sejauh ini secara berkala sudah memberikan surat edaran ke masing pasar agar dilakukan pengecekan instalasi listrik secara berkala. Selain itu, kelengkapan alat pemadam kebakaran di pasar juga ikut diperiksa.

“Pemeriksaan sudah dilakukan, bahkan menggunakan infrared khusus bagi pasar besar seperti Pasar Jatinegara dan Pasar Pramuka untuk melihat kelebihan listriknya. Kalau bermasalah segera diperbaiki,” Katanya.

Selain itu, menurutnya saat ini untuk beberapa pasar juga sudah dianggarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk perbaikan instalasi listrik. Itu dilakukan untuk mencegah kebakaran seperti yang terjadi di Pasar Senen Blok 3 dan Pasar Blok G Tanah Abang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye4841 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4213 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2858 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye2807 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye2703 personFolmer