You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 3.500 Peserta Ikuti Gerakan #BacaJakarta di Jakut
....
photo Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id

3.500 Peserta Ikuti Gerakan Baca Jakarta di Jakut

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Gerakan Baca Jakarta secara serentak di lima wilayah kota administrasi dan satu kabupaten. Kegiatan ini diadakan secara gratis dan berlangsung selama 30 hari mulai 14 Juni sampai 13 Juli 2021.

Diharapkan, kegiatan membaca buku bisa menjadi budaya di masyarakat,

Di Jakarta Utara, antusiasme warga cukup tinggi untuk mengikuti Gerakan Baca Jakarta ini. Tercatat sampai saat ini sebanyak 3.500 peserta mengikuti Gerakan Baca Jakarta.

"Gerakan Baca Jakarta adalah tantangan membaca selama 30 hari yang menyasar anak usia 0-18 tahun. Jadi, ditujukan tidak hanya anak usia sekolah tetapi sejak bayi pun orang tuanya bisa mulai membacakan buku untuk anaknya sambil bercerita," ujar Mimi Karminingsih, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Utara, Rabu (16/6).

Sudin Pusip Jakut Sosialisasikan Aplikasi SIAP Jak

Dikatakan Mimi, Gerakan Baca Jakarta bertujuan membangun kegiatan membaca menjadi suatu gerakan bersama. Selain itu, untuk mengembangkan tingkat kegemaran membaca masyarakat yang dimulai dari lingkup keluarga.

"Baca Jakarta juga bertujuan membangun kultur literasi sejak dini. Diharapkan, kegiatan membaca buku bisa menjadi budaya di masyarakat," ungkap Mimi.

Sebelumnya, sambung Mimi, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi Gerakan Baca Jakarta ke pihak terkait seperti pihak kecamatan, kelurahan, sekolah, RPTRA, TBM (Taman Bacaan Masyarakat), Tim Penggerak PKK, dan UKPD terkait, supaya mereka turut serta mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Utara, Iwan Hery Susanto menjelaskan, dalam kegiatan Baca Jakarta ini peserta dapat dibantu pendamping yang merupakan orang tua, kakak, ataupun anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah.

Untuk tempat pelaksanaan (rumah baca) di rumah masing-masing peserta dan sumber bacaan yang digunakan adalah koleksi pribadi yang ada di rumah masing-masing atau bisa juga mengakses buku secara digital melalui aplikasi iJakarta atau iPusnas. Buku yang dibaca bisa berupa buku cerita, buku pelajaran, buku sejarah, atau buku pengetahuan lainnya.

"Peserta membaca buku selama 30 hari. Selain itu, mengisi booklet selama 30 hari berupa ringkasan bacaan dan foto kegiatan membaca. Sedangkan pendamping bertugas mendampingi peserta saat membaca buku dan mengisi booklet. Lalu, melakukan publikasi melalui media sosial dengan hashtag #BacaJakarta di Instagram atau Facebook. Untuk mengakses booklet harus registrasi terlebih dahulu di website bacajakarta.jakarta.go.id," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5804 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2886 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2814 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2759 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2331 personNurito