You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
HUT Jakarta, Ondel-Ondel Setinggi 494 Sentimeter Dipamerkan di TIM
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Ondel-ondel Setinggi 494 Sentimeter di TIM Bakal Meriahkan HUT Jakarta

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta melalui UP Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) bekerja sama dengan Majelis Seniman TIM Masjid Amir Hamzah menggelar Pameran Ondel-Ondel setinggi 494 sentimeter di Plaza Gedung Parkir Revitalisasi PKJ TIM mulai 22 Juni-30 Juni 2021.

Kreativitas tidak boleh mati meski di saat pandemi

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, pameran ini merupakan bentuk kolaborasi dengan para seniman TIM sekaligus menyegarkan semangat para pengrajin UMKM Ondel-ondel.

"Pameran Ondel-ondel ini juga didukung oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Jakarta Sigap Senusa (JSS) ini dalam rangka merayakan HUT ke-494 Jakarta," ujarnya, Minggu (20/6).

Adakan Jakpreneur Fest, Pemprov DKI Bersama JXB Gandeng Shopee Dorong UMKM Ibukota Naik Kelas

Iwan menjelaskan, kegiatan-kegiatan pameran seperti ini perlu terus digalakkan dengan merangkul berbagai kalangan untuk menggeliatkan aktivitas seni budaya di Jakarta dan UMKM.

"Kreativitas tidak boleh mati meski di saat pandemi. Pelaku seni dan budaya harus tetap terus berkarya, bisa berkolaborasi dengan pemerintah maupun swasta," terangnya.

Iwan merinci, lima pasang Ondel-ondel yang akan dipamerkan melambangkan bahwa Pancasila harus selalu dijaga dalam kehidupan di Jakarta. Sedangkan, tinggi Ondel-ondel 494 sentimeter melambangkan usia Jakarta ke-494 tahun.

"Ondel-ondel merupakan ikon budaya Jakarta yang harus selalu dijaga marwahnya. Kami juga memuat filosofi HUT ke-494 Jakarta menjadi momentum kebangkitan seniman dan UMKM di Ibukota, mungkin pameran ini bukan segalanya tetapi menjadi salah satu usaha untuk membangkitkan mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Amir Hamzah, Eko Wahyu Wibowo menuturkan, Ondel-ondel yang akan dipamerkan nanti dibuat oleh pelaku UMKM dari Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Pameran Ondel-ondel ini akan memberikan warna baru perayaan HUT ke-494 Jakarta, terutama bagi masyarakat yang melintas di Jalan Cikini Raya dengan latar belakang proses revitalisasi kawasan Pusat Kesenian Jakarta TIM," ucapnya.

Ia menambahkan, jika revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta TIM selesai makin banyak kerja sama yang akan dilakukan dengan para seniman.

"Kami terus berkomitmen membantu kawan-kawan seniman tidak berhenti berkarya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye7725 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5543 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5302 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5168 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5163 personAnita Karyati