You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Petugas KPKP Jaktim Periksa 24 Sapi Kurban di Masjid At Tien
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Petugas KPKP Jaktim Periksa Kesehatan 24 Sapi Kurban di Masjid At Tien

Petugas Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur dan Dinas KPKP DKI Jakarta, memeriksa kesehatan 24 ekor sapi kurban di Masjid At Tien, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (20/7).

Kondisi sapi kurban semua sehat dan proses penyembelihannya juga sesuai prosedur

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Daulat Aritonang mengatakan, pemeriksaan dilakukan petugas saat sebelum penyembelihan dan setelah pemotongan. Petugas memeriksa daging dan jeroan hewan kurban setelah disembelih. Hasilnya, kata Aritonang, kondisi 24 sapi kurban sehat dan dagingnya layak untuk dikonsumsi. 

"Kondisi sapi kurban semua sehat dan proses penyembelihannya juga sesuai prosedur. Daging sapi kurban layak untuk dikonsumsi," tutur Aritonang.

360 Sapi Kurban PD Dharma Jaya Laku Terjual

Menurutnya, proses penyembelihan hewan kurban di At Tien ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Seluruh petugas yang hadir mengenakan masker dan mereka rutin mencuci tangan. Selain itu mereka juga saling berjaga jarak satu sama lain. Bahkan di lokasi penyembelihan disiapkan tempat cuci tangan sekaligus hand sanitizer.

Ketua Panitia Qurban Masjid At Tien tahun 2021, Djaini menjelaskan, daging kurban akan langsung dibagikan ke warga sekitar sesuai dengan proposal yang masuk ke panitia. Di antaranya adalah untuk warga di Kelurahan Pinang Ranti Ceger, Lubang Buaya, Bambu Apus, Dukuh, hingga Ciracas. Selain itu juga untuk yayasan panti asuhan yatim piatu dan sebagainya.

"Dari 24 ekor sapi ini diperkirakan menghasilkan daging kurbannya sekitar 12.000 hingga 12.500 kantong. Seluruhnya dibagikan pada mustahik yang berhak menerimanya," jelas Djaini.

Proses penyembelihan 24 ekor sapi, lanjut Djaini, melibatkan 30 personel yang didatangkan dari luar. Kemudian petugas pencacahan hingga packing ada 90 orang yang seluruhnya merupakan pengurus dan karyawan Masjid At Tien. Seluruh sapi kurban ini berasal dari Tapos, Bogor, Jawa Barat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5944 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4675 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3327 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3290 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3165 personFolmer