You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas LH Musnahkan 953 Kilogram Masker Bekas Pasien Isoman di Rumah
....
photo doc - Beritajakarta.id

Dinas LH Tangani 905 Kilogram Limbah Medis Masker

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta telah menangani 905 kilogram limbah medis rumah tangga berupa masker bekas dalam periode periode Juli-23 Agustus 2021.

Memilah dan memisahkan sendiri

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, pihaknya mempunyai program terkait dengan penanganan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) medis yang bersumber dari pasien berkategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang melaksanakan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Layanan jemput limbah medis ke rumah berdasarkan permohonan yang dibuat oleh para pasien OTG melalui call center yang berada di setiap wilayah Kecamatan yang dikoordinir oleh Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (Kasatpel LH). Bisa juga kami lakukan dengan data dan informasi pasien OTG yang diperoleh dari puskesmas kecamatan atau kelurahan setempat," ujarnya, Rabu (25/8).

Delapan Tong Dustbin Limbah Medis Disediakan di Jakpus

Syaripuddin menjelaskan, petugas kebersihan melakukan pemilahan dan pengumpulan limbah infeksius seperti masker bekas untuk ditangani dengan semestinya. Masker bekas yang terkumpul disimpan sementara di Dipo/TPS terdekat.

Dalam pengelolaannya, Dinas LH DKI Jakarta bekerja sama dengan pihak ketiga yang berizin untuk melakukan pengangkutan dan pemusnahan limbah B3 medis.

"Limbah B3 medis yang disimpan sementara di Dipo/TPS terdekat selanjutnya akan dimusnahkan oleh pihak ketiga berizin. Dinas LH juga melakukan alternatif pengolahan lain dengan menggunakan insinerator yang terdapat di PLTSa Merah Putih Bantar Gebang," terangnya.

Ia menambahkan, masker bekas tergolong limbah infeksius, maka itu diharapkan agar masyarakat mulai sadar bahwa memilah sampah adalah hal yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi ini.

"Kita sama-sama memilah dan memisahkan sendiri. Kemudian, disemprot disinfektan dan dikemas khusus. Setelah itu, menjadi tanggung jawab kami untuk penanganan lebih lanjut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 2.066.853 Merchant di DKI Sudah Gunakan QRIS

    access_time01-12-2021 remove_red_eye2011 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Evakuasi Banjir, Gulkarmat Jakbar Siagakan 26 Perahu Karet

    access_time01-12-2021 remove_red_eye1984 personTP Moan Simanjuntak
  3. Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pemprov DKI dan Katapel.id Gelar Bimbingan Intensif Komersialisasi Pelaku Kreatif

    access_time01-12-2021 remove_red_eye1980 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. KODI DKI Jakarta Gelar Wisuda PKM Angkatan XXVII/2020

    access_time01-12-2021 remove_red_eye1969 personAnita Karyati
  5. Progres Pembangunan Waduk Rawa Malang Capai 70 Persen

    access_time01-12-2021 remove_red_eye1968 personSuparni