You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mata Belok, Spesies Ikan Cupang Baru dari Slipi
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Melihat Lebih Dekat Ikan Cupang Serit Mata Besar dari Slipi

Pandemi tidak menyurutkan para pembudi daya ikan cupang di Sentra Ikan Cupang Jalan KS Tubun, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, untuk berkreasi menghasilkan jenis ikan cupang terbaru dan terbaik. Seperti Mustafa Kamil (56) yang berhasil membudidayakan jenis ikan cupang serit mata belok atau mata besar dengan tubuh dan ekor berwarna putih platinum yang mengesankan gagah dan elegan.

Ketelitian dan kesabaran menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangbiakan jenis ikan cupang ini

Kepada Beritajakarta.id, pembudi daya yang tinggal di Kampung Slipi, RT 09/04 Nomor 23, Slipi, Palmerah ini menuturkan, kehadiran ikan cupang serit mata belok bermula dari kelainan pada ikan cupang serit miliknya. Dari kelainan itu, ia terus melakukan percobaan dan budi daya hingga akhirnya menghasilkan ikan cupang serit mata belok.

"Awalnya ini kelainan genetik, terus saya kembangkan dan dikawinkan dengan ikan cupang lainnya yang juga memiliki kelainan. Pengembangannya sudah dilakukan sejak Mei 2019 sampai sekarang," ujar Kamil, Kamis (2/9).

Pembudidaya Ikan Cupang di Jakut Berharap Dijembatani Capai Pasar Luar Negeri

Dari hasil budi daya ini sekarang sudah masuk ke generasi keempat (F4) dengan jumlah sekitar 600 ekor jantan dan betina. Menurutnya, ikan cupang serit mata belok ini berwarna putih platinum dengan ukuran dari moncong mulut sampai ujung ekornya sepanjang tujuh sampai 8 sentimeter.

Sedangkan untuk perawatannya, sama saja dengan jenis ikan cupang serit atau cupang lainnya seperti harus memperhatikan kadar PH air antara tujuh hingga delapan.

"Ketelitian dan kesabaran menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangbiakan jenis ikan cupang ini," kata pria yang mengaku sudah sejak tahun 1977 terjun menggeluti dunia ikan hias.

Ditambahkan Kamil, saat ini ia tengah mengajukan pengakuan dan pembukuan untuk hak paten ke Suku Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kelautan (KPKP) Jakarta Barat, agar tidak diklaim oleh orang lain serta mengharumkan nama Jakarta Barat dan DKI Jakarta.

"Sudah kami ajukan. Ke depan kami juga akan ke Kemenkumham agar mendapatkan hak paten," tuturnya.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto mengaku kagum dengan keunikan dan keindahan ikan cupang serit mata belok yang dikembangkan oleh pembudi daya ikan cupang di sentra ikan cupang Jalan KS Tubun, Slipi. Ia pun memprediksi jenis ikan cupang ini akan menjadi primadona terbaru di dunia ikan cupang.

"Kami terus dukung hasil budi daya yang dihasilkan supaya mereka tetap semangat dan menghasilkan karya-karya terbarunya lagi. Selama ini ikan cupang juga dikenal bernilai ekonomis. Contohnya ikan cupang serit mata belok ini yang sekarang dibanderol seharga Rp 1,2 juta per ekornya," tandas Iwan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8460 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3541 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3325 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3265 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3255 personAldi Geri Lumban Tobing