You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wali Kota Jaktim Serahkan Tiga Rumah Hasil Dibedah Baznas/Bazis
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Rumah Direhab Baznas Bazis Jaktim, Juargo Merasa Mimpi Jadi Nyata

Sebelum direhab, kondisi atap rumah saya rusak parah. Sekarang sudah rapi dan nyaman

Binar kebahagiaan tak dapat disembunyikan Juargo. Butir air mata mengembang, membuat garis lurus bening di atas kantong matanya yang penuh kerut. Rasa senang yang terpendam menggetarkan suara pria berusia 50 tahun ini, saat menerima duplikat kunci rumah dari Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, Kamis (16/9).

156 Rumah di Jaktim Selesai Dibedah

Juargo yang tinggal di wilayah RT 04/RW 11 Kelurahan Cipinang Muara, hari ini bisa menikmati rumahnya yang sudah selesai direhab Baznas Bazis Jakarta Timur.

Ayah satu anak yang sehari-hari berprofesi sebagai cleaning service pada salah satu TK di kawasan Kalimalang ini mengaku, tidak menyangka jika kondisi rumahnya yang dulu rusak parah, kini berubah menjadi bangunan layak huni yang terlihat apik, bersih dan nyaman.

"Sebelum direhab, kondisi atap rumah saya rusak parah. Sehingga saat hujan deras, air hujan masuk ke dalam rumah. Tapi, sekarang sudah rapi dan nyaman. Ini seperti mimpi bagi saya dan keluarga," ucapnya.

Selain Juargo, ada pula Haerudin dan Ratimah, warga Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, yang rumahnya dibedah Baznas Bazis Jakarta Timur. Mereka juga menerima kunci duplikat rumah dari Wali Kota, Muhammad Anwar.  

Menurut Anwar, dari target 160 rumah yang akan dibedah tahun ini, baru 74 rumah yang selesai direhab. Sisanya sedang dalam proses pelaksanaan di lapangan. Anggaran bedah rumah tersebut bersumber dari dana ZIS yang dihimpun Baznas/Bazis Jakarta Timur tahun 2020 lalu.

“Ke depan saya berharap lebih banyak lagi rumah yang dibedah, minimal 250 unit. Apalagi perolehan ZIS di Jakarta Timur selalu paling tinggi. Karena masih banyak warga yang ingin merehab rumahnya namun tidak mampu lantaran keterbatasan dana. Makanya, pemerintah selalu hadir membantu warganya,” kata Anwar.

Dia meminta, warga yang rumah sudah direhab untuk merawat dan menjaganya dengan baik. Agar rumah tersebut tidak cepat rusak dan bisa dihuni dengan aman dan nyaman.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Napisah menjelaskan, ketiga rumah warga ini dibedah dengan anggaran masing-masing Rp 50 juta. Anggaran diambil dari dana ZIS yang dikumpulkannya pada tahun 2020 lalu.

Tercatat jumlah ZIS yang terkumpul tahun 2020 lalu sebanyak Rp 23,3 miliar. Sedangkan target perolehan ZIS tahun 202 ini sebesar Rp 40,6 miliar dan saat ini baru tercapai Rp 37,6 miliar. Diharapkan target tersebut tercapai atau lebih agar dana kegiatan sosial kemasyarakatan juga lebih besar lagi yang digunakan.

“Tahun ini, kita rencananya bedah rumah ada 160 unit dan sekarang baru terlaksana 74 unit. Tiga di antaranya yang baru diserahterimakan hari ini. mudah-mudahan semua berjalan dengan baik agar masyarakat aman dan nyaman menghuni rumahnya sendiri,” pungkas Eka.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye6201 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4904 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4658 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4528 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4522 personAnita Karyati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved