You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
70 Peserta dari Kepulauan Seribu Ikuti Kelas Berkebun Sesi 3
....
photo Suparni - Beritajakarta.id

70 Peserta dari Kepulauan Seribu Ikuti Kelas Berkebun Sesi 3

Sebanyak 70 peserta mengikuti Kelas Berkebun Sesi 3 yang diselenggarakan Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu berkolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) PKK setempat.

Banyak keuntungan

Kelas Berkebun Sesi 3 ini mengangkat tema "Tabulampot dan Tanaman Hias" dengan menghadirkan narasumber berkompeten dari Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu dan Praktisi Tanaman Hias, Agustinus Gunawan Sri Utomo.

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, peserta Kelas Berkebun merupakan kader PKK, kelompok wanita tani (KWT), pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Jakpreneur dari enam kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Peserta Pelatihan Kelas Berkebun di Jaktim Dapat Bantuan 300 Bibit Tanaman Buah

"Mudah-mudahan ini bermanfaat, selain tanaman hias dan tanaman buahnya bermanfaat untuk memperindah Kepulauan Seribu juga menghasilkan secara ekonomi bagi yang menekuninya," ujarnya, Selasa (21/9).

Ketua TP PKK Kepulauan Seribu, Rita Susanti menyampaikan apresiasi kepada Dinas KPKP DKI Jakarta yang telah meluncurkan program Kelas Berkebun. Sehingga, bisa memberikan pemahaman terkait budi daya tanaman buah dan tanaman hias di dalam pot kepada kader PKK dan warga Kepulauan Seribu.

"Setelah mendapatkan ilmu yang bermanfaat ini semoga dapat dipraktikkan dan berlomba-lomba untuk menghijaukan pekarangan dan menghasilkan yang optimal," ungkapnya.

Sementara itu, Praktisi Tanaman Hias, Agustinus Gunawan Sri Utomo menuturkan, melalui seminar ini peserta diberikan pemahaman dari mulai cara memilih bibit, lokasi tanam dan tips perawatan serta berbagai jenis tanaman hias yang dapat hidup di Kepulauan Seribu, seperti jenis monstera, melano, rambatan dan pisang varigata.

"Banyak keuntungan menanam tanaman hias ini, bahkan selama pandemi harganya yang terus naik sehingga sangat potensial memberikan keuntungan ekonomi," ucapnya.

Narasumber lainnya, Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Parsan menambahkan, selain tanaman hias, sesuai tema webinar hari ini juga dijelaskan berbagai tanaman buah yang dapat hidup dan ditanam dalam pot seperti  jambu, jeruk, mangga, rambutan, belimbing, kedondong, sawo, kelengkeng, tin dan zaitun.

"Tanaman buah dalam pot (Tabulampot) ini juga menjadi solusi jika warga atau peserta tidak memiliki lahan cukup luas namun ingin menanam tanaman buah,"  tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9174 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye7953 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6758 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6490 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6460 personAldi Geri Lumban Tobing