You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PT Jakpro (Perseroda) Dapat ESG Award 2021
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

PT Jakpro (Perseroda) Dapat ESG Award 2021

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berhasil mendapatkan Environmental, Social, & Governance (ESG) Awards 2021 pada kategori khusus ESG Pioneers in Urban Sustainability Reporting dengan rating commitment CC. PT Jakpro (Perseroda) menjadi satu satunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) non-bank dengan predikat commitment CC.

Memberikan inspirasi dan semangat

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen Jakpro terhadap penerapan aspek ESG di perusahaan. Prestasi ini juga turut menyejajarkan PT Jakpro (Perseroda) dengan perusahaan emiten.

Direktur Keuangan PT Jakpro (Perseroda), Yuliantina Wangsawiguna mengatakan, PT Jakpro (Perseroda) sebagai salah satu perusahaan dengan fitur agent of development sekaligus agent of commercial memiliki peran yang sentral dalam menjalankan visi keberlanjutan (sustainable).

Tandai Pembukaan Lapangan Latih JIS, Pemprov DKI dan DPRD DKI Gelar Pertandingan Eksibisi

Untuk itu, PT Jakpro (Perseroda) fokus pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) untuk menselaraskan visi keberlanjutan perusahaan guna mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam membangun Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman (livable) untuk dihuni. Sehingga warganya maju dan bahagia.

Tahun ini Jakpro menerbitkan Sustainability Report (SR) yang komprehensif, untuk mengukur dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan, berlandaskan empat pilar strategi keberlanjutan perusahaan.

"Keempat pilar strategi itu meliputi,  meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tata kelola dan kebijakan yang adaptif, memperkuat ekonomi, dan ketahanan lingkungan," ujarnya, Jumat (29/10).

Yuli menjelaskan, terbitnya SR ini juga selaras dengan program LOCALISE SDGs, dalam meningkatkan tata kelola dan pengembangan kebijakan pembangunan yang lebih efektif serta mempromosikan pembangunan daerah yang inklusif, berkelanjutan melalui pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

"Implementasinya yang sudah dilaksanakan untuk mewujudkan Jakarta sebagai livable city," terangnya.

Menurutnya, proyek dan pembangunan infrastruktur yang dikerjakan PT Jakpro (Perseroda) seperti Jakartan International Stadium, Jakarta International Velodrome, LRT Jakarta dan pembangunan berbagai fasilitas lainnya yang kesemuanya berdampak kepada kesejahteraan serta kebahagiaan warga DKI.

"Tahun ini, melalui pengukuran dampak dari tiga proyek Jakpro, secara garis besar dapat disampaikan bahwa kehadiran LRT Jakarta mengurangi kemacetan dengan 88 persen peningkatan kecepatan perjalanan rata- rata kendaraan di sekitar LRT sebelum dan setelah penyediaan LRT," ucapnya.

Ia menambahkan, kehadiran Jakarta International Velodrome (JIV) mampu meningkatkan peluang pengembangan komunitas dengan adanya 58 komunitas baru yang berkumpul di area JIV pada

tahun 2020. Sedangkan, untuk proyek yang sedang dikerjakan PT Jakpro (Perseroda) yakni Jakarta International Stadium (JIS) diprediksi bisa meningkatkan manfaat ekonomi bagi bisnis dan masyarakat sekitar 23 persen peningkatan nilai properti sekitar karena pengembangan properti JIS.

"Terima kasih kepada seluruh panitia ESG Awards 2021 serta terimakasih atas penghargaan khusus sebagai ESG Pioneers in Urban Sustainability Reporting yang kami terima. Semoga prestasi ini memberikan inspirasi dan semangat bagi kami untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik untuk kota Jakarta," ungkapnya.

Ke depan, lanjut Yuli, PT Jakpro (Perseroda) akan terus menyelaraskan aspek ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan, dengan terus berkaca pada standar internasional untuk mewujudkan visi perusahaan menjadi perusahaan milik daerah yang mendukung livable city dan berkelanjutan di Jakarta yang kita cintai ini.

"Implementasi ESG secara terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan reputasi Jakpro di mata stakeholders, termasuk meningkatkan kepercayaan investor untuk menunjang kebutuhan pendanaan investasi Jakpro," tandasnya.

Untuk diketahui, ESG Awards 2021 diadakan oleh Berita Satu Media Holdings sebagai official media partner bekerjasama dengan Bumi Global karbon foundation (BGKF) yang merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD) dan Partner Silver dari Carbon Disclosure Project (CDP) melaksanakan penilaian dengan metodologi 33 faktor ESG berdasarkan faktor pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland.

Adapun penjurian dilakukan oleh pihak independen dengan peserta seluruhnya perusahaan emiten atau yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan, PT Jakpro (Perseroda) menjadi satu satunya perusahaan daerah yang menerbitkan SR sehingga mendapatkan penghargaan khusus dari Dewan Juri.

Pioneer dalam Urban Sustainability Reporting, PT Jakpro (Perseroda) merupakan satu satunya perusahaan daerah yang telah melakukan pengukuran terhadap dampak pembangunan berkelanjutan di wilayah perkotaan.

Hal ini selaras dengan visi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak bagi warganya. Termasuk mengatasi dampak perubahan iklim dengan berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota.

Kota-kota di seluruh dunia telah berkomitmen dan mengalokasikan sumber daya untuk membuat rencana aksi iklim dan mengimplementasikannya dalam strategi transportasi, tata bangunan,

mempromosikan energi bersih dan sebagainya. Kota-kota di dunia melakukan langkah-langkah terobosan yang berani. Demikian halnya juga dengan Jakarta. Jakarta telah berkomitmen untuk

menjadi Kota Berketahanan Iklim. Saat ini, Jakarta sedang bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit.

Untuk itu, dengan penghargaan yang diperoleh PT Jakpro (Perseroda) ini melalui pengukuran terhadap dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang di lakukan membuktikan peran besar yang telah dijalankan Jakpro menjadikan Jakarta sebagai livable city. Mulai dari infrastruktur Jakarta International Stadium, Jakarta International Velodrome, LRT, semuanya akan berdampak kepada kesejahteraan dan kebahagiaan warga Jakarta sekaligus mewujudkan keberlanjutan kota.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye5702 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4644 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4398 personNurito
  4. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4264 personAnita Karyati
  5. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4256 personTiyo Surya Sakti