You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin KPKP Kunjungi Farm Hidroponik Masjid Asy Syifa RSCM
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Jakpus Tinjau Lokasi Urban Farming di Rooftop Masjid Asy Syifa RSCM

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat melakukan monitoring dan pembinaan di salah satu lokasi pegiat urban farming di rooftop Masjid Asy Syifa RSCM di Jalan Kimia, RT 07/01, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng.

Jenis tanaman juga akan kita tambah seperti sawi, bayam, selada dan lainnya

Kepala Satuan Pelaksana KPKP Kecamatan Menteng, Andi Dala Jemma menuturkan, kegiatan ini salah satu pemanfaatan ruang terbuka di atap masjid dengan bercocok tanam sayur secara hidroponik dengan sistem DFT (Deep Flow Technique) yang dilakukan para pengurus masjid. Adapun jenis tanaman yang ditanam yaitu pakcoy dan kangkung.

"Setiap hari Rabu pengurus melakukan panen untuk bersedekah kepada jamaah dan pasien rumah sakit sekitar 50 bungkus sayur pakcoy yang dibagikan. Hari Kamis, hasil panen untuk diperjualbelikan yang hasilnya untuk modal kembali pembelian tanaman dan pupuk," ujar Andi, Kamis (4/11).

Pengelola RPTRA Anggrek Bintaro Panen 19 Kilogram Kangkung

Menurutnya, pemanfaatan atap masjid tersebut baru pertama di Kecamatan Menteng, sehingga Sudin KPKP Jakpus akan terus melakukan pendampingan dengan pemberian dukungan mulai dari pemberian bibit, pembinaan bercocok tanam hingga pemasaran melalui Jakpreneur.

Pengurus Urban Farming Masjid Asy Syifa, M Farhan Ramadhan mengatakan, urban farming ini sudah ada sejak setahun lalu. Saat ini luasan farm baru mencapai 15 meter.

"Sebenarnya luas atap ini sekitar 200 meter kubik, rencananya akan kami tambah kembali hingga menjadi 6.000 lubang urban farming. Jenis tanaman juga akan kita tambah seperti sawi, bayam, selada dan lainnya," tandasnya.

Pihaknya berharap kegiatan urban farming tersebut dapat semakin berkembang dan bermanfaat baik untuk jemaah dan dapat pula menjadi energi positif untuk pasien.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time26-04-2024 remove_red_eye3526 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3250 personNurito
  3. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2885 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2846 personTP Moan Simanjuntak
  5. 500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

    access_time26-04-2024 remove_red_eye2834 personAnita Karyati